Mengenal Karakter Penyeleksi Yang Ada Di CSS

Hallo teman-teman DUMET School, pada artikel saya kali ini saya akan menjelaskan tentang karakter penyeleksi yang ada di CSS 3. Teman-teman pasti sudah pada tau kan apa itu karakter penyeleksi, Oke saya akan jelaskan ulang sedikit, karakter penyeleksi di dalam CSS 3 adalah sebuah tanda  > (lebih besar), + (tanda Plus), dan ~ (tilde) yang digunakan untuk memilih elemen mana yang akan kita berikan style tanpa perlu kita kelompokkan tag HTML tersebut dengan class atau id. Sebenarnya ada banyak karakter penyeleksi di dalam CSS 3 ini tetapi di sini saya akan jelaskan 3 saja. Baik kita akan langsung masuk ke penjelasan yang pertama.

Pemilih tanda lebih besar (>)

Pemilih tanda lebih besar (>) ini disebut sebagai pemilih anak, maksudnya adalah pemilih elemen yang merupakan keturunan langsung dari elemen yang membungkusnya atau induknya Mari kita lihat contohnya di bawah ini :



Pemilih tanda plus (+)

Pemilih tanda plus (+) disebut sebagai pemilih yang berdekatan. Jadi jika kita menggunakan pemilih tanda plus (+) ini maka style tersebut akan di berikan pada elemen yang berdekatan denga elemen yang kita berikan tanda plus (+) ini. Sebagai contoh :



Pemilih tanda tilde (~)

Pemilih ini disebut sebagai pemilih umum. Pemilih ini mirip dengan pemilih berdekatan (tanda plus). Yang membedakannya adalah pemilih berdekatan (tanda plus +) hanya milih satu dari elemen yang berdekatan, sedangkan pemilih tilde akan memilih semua elemen yang mengikuti atau yang berada dekat dengan elemen yang kita kasih fungsi tanda tilde ini. Berikut contohnya :

Nah itulah penjelasan sedikit tentang Karakter Penyeleksi yang ada di CSS. Sekian dulu tutorial dari saya semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terima Kasih.

16 Agustus 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat