Mengenal Ekosistem JavaScript (Command Line Interface)

Banyak developer menggunakan CLI untuk membangun aplikasi mereka. Seperti untuk mendownload paket development, menjalankan server, serta untuk melaksanakan atau mengeksekusi baris perintah.

Javascript memiliki platform bernama NodeJS yang memanfaatkan CLI untuk menjalankan berbagai perintah. NodeJS adalah sebuah platform yang memungkinkan bahasa Javascript dapat bertindak sebagai server-side programming.

Package managers

Sebagai platform Javascript, NodeJS memungkinkan developer membangun aplikasi secara real-time, maksudnya untuk melakukan segala pekerjaan seperti download, running, create file, update file dll cukup menjalankan perintah-perintah pada command line. Yang lebih menarik, bahwa NodeJS memiliki sebuah paket manager yang bernama NPM (Node Package Manager), dengan NPM kita bisa mendownload ratusan tools yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi JavaScript, seperti Grunt, Gulp, Express, Cordova, PhoneGap dll.

Build tools

Build tools yang telah download dari NPM akan sangat membantu kita dalam mengembangkan project Javascript apapun. Yang paling terkenal saat ini Grunt and Gulp, dimana tools ini dapat melakukan proses atau mentransformasi kode program seperti: Transpile bahasa JavaScript dari EcmaScript 6/EcmaScript 5, Compile dari SCSS/SASS ke CSS, Minify file dll.

16 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat