Mengatur Character Styles pada Adobe InDesign CS6

04/07/2014    Bartholo Bush Sawa    11343     Website

Halo teman-teman.. ^^ Kali ini saya ingin memberikan sedikit trik bagaimana cara mempersingkat waktu dalam pengerjaan sebuah layout desain dengan menggunakan Character Styles di InDesign. Mungkin dari teman-teman semua ada yang sudah pernah menggunakan InDesign, tetapi belum terlalu mengerti bagaimana supaya bisa mendapatkan waktu yang efisien ketika akan bekerja dengan Indesign, terutama dalam mengatur paragraf dan tulisan-tulisan agar lebih rapi dan tidak terlalu ribet.

Character Styles sangatlah berperan disini, yang mana digunakan ketika kita  ingin menentukan secara langsung jenis huruf, besarnya huruf, warna, jarak spasi, dan sebagainya. Dengan Character Style kita dapat menentukan masing-masing pengaturannya sehingga ketika akan kita gunakan lagi, kita tidak pelu mengulang dan mensetting secara satu per satu.

untuk mendapatkan pengaturan Character Style yang teman-teman inginkan, yang pasti terlebih dahulu, teman-teman sudah mempunyai desain layout yang akan teman-teman buat. Mulai dari Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, hingga Isi sampai Penutup dari Buku atau Majalah yang akan teman-teman buat.

Dengan kita sudah mempunyai konsep itu, kita sudah bisa menentukan Character Style yang kita inginkan. Misalnya saja, untuk Judul Bab, Sub-Bab, Isi Paragraf, Notes, ingin jenis font yang mana, ukurannya berapa, apakah Bolt atau Italic, Leading atau jarak antar hurufnya berapa. Dengan kita sudah menentukan dari awal semuanya itu, maka nantinya kita tidak perlu susah-susah lagi mengatur-ngatur jenis huruf dan Paragraf.

 

Mengeluarkan Tab Character Style

Untuk Mendapatkan tab Character Style, teman-teman bisa ke menu Window > Styles > Character Styles.

 

Nah setelah itu, akan keluar Tab Character Style seperti gambar di bawah ini. Ini saya menggunakan contoh desain Layout yang sudah mempunyai Character Style tersendiri.

 

Menambah dan Mengatur Character Style

Untuk menambah Character Style, teman-teman bisa menekan tombol yang ada di bagian bawah Tab. yang terlihat seperti gambar dibawah.

 

Kemudian akan terlihat sebuah Character Style baru sengan nama Character Style 1

 

Untuk mengedit Character Style 1, teman-teman bisa Klik Kanan pada Character Style tersebut, kemudian pilih Edit

 

Setelah itu akan keluar tampilan window seperti gambar di bawah ini, yang memungkinkan teman-teman untuk mengganti nama Character Style sesuai dengan keinginan.

 

kemudian Basic Character Format untuk menentukan Jenis Font, Ukuran font yang akan digunakan, Style Font, Leading (Jarak antar Baris dalam Paragraf), Kerning, Tracking (Jarak antara huruf), Case, dan Position. ada pula kita dapat mengatur Underline, Ligatures, Strikethrough.

 

Advance Character Formats digunakan untuk mengatur besar atau kecilnya huruf yang ingin kita sesuaikan dengan keinginan.


Character Colour digunakan untuk mengatur warna dari Character Style tersebut.

 

Diatas sudah dijelaskan mengenai Character Style. Apa itu Character Style, kegunaannya, Cara menggunakannya, dan menurut saya sangat penting dimengerti ketika kita akan mendesain dengan menggunakan Adobe InDesign. Sekian dulu ya teman-teman artikel dari saya. Selamat mencoba untuk teman-teman. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya... :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More