Mengapa ada tonjolan di huruf f dan j pada keyboard

Halo teman-teman dumenity. Apakah teman-teman pernah menperhatikan keyboard komputer atau laptop teman-teman? Pasti di bagian huruf F dan J ada sedikit benjolan. Kira-kira untuk apa ya diberikan benjolan seperti itu ? apakah teman-teman ada yang tahu ?

Benjolan ini dimulai pada tahun 1888, saat seseorang bernama Frank Edward McGurin menemukan sebuah metode yang bernama touch typing, yaitu cara mengetik tanpa harus melihat ke arah keyboard kita. Lalu apa hubungannya sama benjolan di huruf f dan j ? tidak lain dan tidak bukan fungsinya adalah untuk menambah kemampuan dari touch typing itu sendiri. Karena benjolan itu dapat menjadi alat bantu identifikasi huruf yang akan ditekan tanpa perlu melihat keyboard tentunya.

 

Pada keyboard yang standar atau yang biasa kita pakai, susunan huruf pada bagian tengah keyboard adalah a,s,d,f,g,h,j,k,l,;,”. Huruf F sendiri menurut McGuarin, adalah posisi yang sangat tepat untuk kita meletakkan jari telunjuk kiri kita, lalu huruf J adalah posisi yang tepat untuk meletakkan jari telunjuk kanan kita. Dengan adanya benjolan ini, user diharapkan dapat merasakan jarinya diletakkan dihuruf apa walaupun tanpa melihat keyboard.

Kemudian pada tahun 2002, metode huruf f dan j ini kemudian dimodifikasi dan kemudian dipatenkan oleh June E Botich dari Naples, Florida, Amerika Serikat sehingga menjadi standarisasi hampir semua keyboard didunia. Coba sekarang teman-teman coba mengetik tanpa harus melihat keyboard dengan bantuan huruf f dan j. Selamat mencoba...

10 Mei 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Seminar Java April 2024 di DUMET School
chat