Menampilkan Database Dengan Framework Laravel

Hai, selamat datang di tutorial Web Programming. Kali ini saya akan mengajarkan bagaimana membuat controller, model, migration dengan menggunakan command line (artisan). Terus juga bagaimana menggunakan PHP Artisan Tinker dan menampilkan data dari dalam table. Langsung saja, Let's check it out!

Pastikan framework laravel kamu sudah siap dan pastikan kamu sudah buat database dan mengkoneksikannya ke framework laravel.

Pertama jalankan aplikasi CMD (Command Line), pastikan kamu sudah berada di folder website/root kamu, Kita akan membuat sebuah controller dengan nama KaryawanController. Ketik: php artisan make:controller KaryawanController dalam CMD.



Setelah selesai membuat controller, selanjutnya kita akan membuat model, masih di menggunakan CMD, ketik perintah berikut. Ketik: php artisan make:model.

Sekarang periksa dalam folder "Databases/Migrations" disitu akan ada file migration baru yang nanti kita bisa buat table Karyawan dengan field yang kita tentukan.

Nah, lalu kamu masuk ke dalam file tesebut. Tentukan dulu field-field pada table Karyawan yang mau kita buat.

Saatnya lakukan perintah lagi dengan CMD. Ketik php artisan migrate, secara otomatis table Karyawan akan terbuat dalam database.

Nah, setelah selesai membuat table, masuk kedalam folder "App" dan buka file Karyawan (Model).

Tetik kode berikut di dalam file Karyawan.php

Sekarang kita akan melakukan insertion data dengan PHP Tinker. Masih dalam CMD, ikuti apa yang saya ketikan seperti berikut.

Setelah data yang akan ditampilkan sudah siap. Saatnya kita menuju Controller. Sebelumnya kita jangan lupa untuk buat route terlebih dahulu.

Kemudian pada controller Karyawan ketik kode berikut.

Lanjut, kita buat view. Masuk ke dalam "resources/views" buat folder karyawan dan file index.blade.php

Jalankan file index.blade.php dan ketik kode berikut.

Dan hasilnya adalah...

Selamat mencoba...

30 Juli 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat