Membuka window pop up dengan javascript

13/03/2015    Fachrul Ahaddin    3278     Website

Mungkin kita pernah mengunjungi sebuah website dimana ketika kita klik suatu link, maka tiba-tiba muncul jendela kecil. Mungkin itu sedikit mengganggu bagi visitor website kita, tapi berguna untuk kasus-kasus tertentu seperti misalnya memasang web iklan, untuk traffic website, dan sebagainya. Disini saya akan mencoba membuat window popup seperti itu. Kita menggunakan fungsi dari window.open() pada javascript. Untuk demonya dapat teman-teman lihat dibawah ini:

See the Pen dPgQbg by fachrul ahaddin (@fachruldumet) on CodePen.

Pada link diatas terdapat window.open(), fungsinya untuk membuka jendela/window baru dimana parameternya adalah ‘http://www.dumetschool.com/blog’ yaitu URL website yang akan dibuka pada jendela tersebut. Parameter kedua adalah ‘dumetschool’ yaitu nama dari jendela yang terbuka. Parameter ketiga untuk mengatur lebar dan tinggi jendela yang muncul disini saya tentukan width = 600px dan height = 300px. Dan saya memunculkan scroll barnya dengan cara scrollbars=yes. Coba teman-teman klik bacaan “klik disini” maka akan muncul jendela barunya.

Oke teman-teman, demikian sedikit yang dapat saya share untuk kesempatan kali ini. Walau sedikit semmoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua ya. Terima kasih

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More