Membuat Theme WordPress Part 1 (Persiapan)

Halo semua! kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu bagaimana cara membuat theme Wordpress sendiri, sebenarnya sudah banyak tools yang bisa kamu pakai untuk membuat template wordpress, selain itu juga banyak theme yang diperjualkan belikan. Tapi dalam banyak kasus kita tidak puas dengan theme yang siap pakai, sehingga kita ingin membuat custom theme sendiri.

Nah untuk itu saya akan sharing cara membuat theme wordpress sederhana, dimana kita akan coba membuat halaman blog. Syarat untuk ikut mempelajari ini, kalian harus mengerti terlebih dahulu bahasa pemrograman PHP, seperti variable, fungsi, kondisi, looping dll. Jika sudah, mari kita mulai develop theme wordpress.

Download dan Install Wordpress

Pertama tentunya kita harus download file installer wordpress di http://wordpress.org/, kalau sudah instal seperti biasa.

Persiapan

Yang kalian perlu persiapkan adalah desain html dan gambar berukuran 880 x 660 (px), namun untuk desain html nya saya akan menggunakan bootstrap, jadi teman-teman tinggal download saja file bootstrap di http://getbootstrap.com/.

Menambahkan Theme

Buat folder theme kita, di dalam folder themes ([drive]/xampp/htdocs/yourfolder/wp-content/themes/), disini nama folder saya "dumettheme". Jalankan texteditor teman-teman, kebetulan saya menggunakan sublimetext 3, buat project dan arahkan ke folder tersebut.

Silahkan buat file-file berikut di dalam folder theme kamu:



Kemudian silahkan buka https://codex.wordpress.org/Theme_Development#Theme_Stylesheet.



Copy semua dan paste di file style.css, isi sesuai dengan data kamu.



Copy gambar yang berukuran 880 x 660 (px) ke dalam folder theme, rename dengan nama "screenshot.png" (wajib).

Sekarang silahkan masuk ke halaman administrator, buka menu appearance, kita sudah berhasil menambahkan theme baru milik kita.

29 Maret 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat