Membuat Jendela Pop Up Sederhana Menggunakan HTML dan CSS

26/04/2014    Faizal Rafik    37712     Website

Dalam tutorial saya kali ini saya akan mengajarkan kepada teman-teman bagaimana caranya membuat Jendela Pop Up menggunakan HTML dan CSS. Jendela Pop Up adalah jendela yang muncul secara otomatis dan tiba-tiba di depan layar aplikasi kita atau saat kita membuka website seseorang, Fungsi jendela Pop Up sendiri adalah untuk menyampaikan pesen yang berada di website kita atau website seseorang sebelum kita membuka halaman-halaman lain yang ada di website tersebut. Biasanya jendela Pop Up di buat dengan bantuan Plugin jQuery , tetapi semakin berkembangnya teknologi CSS jendela POP Up juga bisa di buat menggunakan CSS. Baiklah kita langsung saja praktek kan ya teman-teman.

Pertama buatlah file HTML nya seperti di bawah ini :

Lalu teman-teman save dan lihat hasilnya. Masih belum jadi apa-apa kan teman-teman. Sekarang kita buat CSS nya seperti di bawah ini.

Pertama kita buat CSS nya untuk Button Pesannya seperti di bawah ini :

Berikutnya CSS untuk tampilan jendela Pop Up nya di bawah ini :

Bisa di lihat CSS yang di atas terdapat Property CSS visibility: hidden;  fungsinya adalah untuk menyembunyikan jendela Pop Up nya. Setelah itu kita buat CSS untuk Button Close nya.

Berikut ini CSS untuk Button Close nya :

Nah setelah semua CSS nya di buat tambahkan CSS di bawah ini untuk memunculkan jendela Pop Up nya saat kita klik Button Pesan :

Fungsi Property CSS visibility: visible; di atas adalah untuk memunculkan jendela Pop Up saat kita klik Button Pesannya.

Sudah jadi deh jendela Pop Up nya mudahkan teman-teman. Sekian dulu tutorial dari saya selamat mencoba. Terima Kasih....

Untuk melihat hasilnya bisa di SINI.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More