Membuat Fungsi Autocomplete Menggunakan jQuery

Baik pada tutorial kali ini saya ingin mengajarkan ke teman-teman semua bagaimana caranya membuat fungsi Autocomplete menggunakan jQuery. Teman-teman pasti sudah pada tahu kan apa itu Autocomplete, jika ada yang belum tau saya akan jelaskan sedikit, Autocomplete adalah fungsi untuk menampilkan perkiraan kata yang akan di masukkan user tanpa harus mengetikkan keseluruhan kata. Fungsi Autocomplete ini hampir tersedia di semua Web Browser sekarang-sekarang ini, contohnya seperti di tampilan search dan tampilan input lainnya yang memerlukan fungsi Autocomplete. Dengan menggunakan fungsi Autocomplete ini pada tampilan website teman-teman, itu akan mempermudah pengunjung untuk mencari informasi yang ada di website teman-teman. Di sini saya juga akan menggunakan bantuan jQuery UI untuk membuat fungsi Autocomplete ini. Baiklah kita akan coba langsung buat saja ya teman-teman.

Pertama teman-teman bisa buat struktur HTML seperti gambar di bawah ini.

Selanjutanya teman-teman bisa memanggil dan menuliskan script jQuery nya seperti gambar dibawah ini.

Teman-teman bisa lihat pada script jQuery di atas, saya menggunakan bantuan Plugin jQuery UI dan CSS jQuery UI untuk membuat fungsi Autocomplete ini, jadi teman-teman wajib mendownload jQuery UI nya terlebih dahulu jika ingin membuat fungsi Autocomplete ini.

Demo | Download

23 Januari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat