Membuat Desain Sederhana Tampilan Navigasi Menu Responsive

24/04/2014    Faizal Rafik    8147     Website

Hallo teman-teman blog Dumet School apa kabar semuanya semoga sehat semuanya ya. Amin... Hari ini saya ingin berbagi tutorial kepada teman-teman semuanya tentang cara membuat tampilan Navigasi Menu Responsive. Pasti teman-teman semuanya sudah tau kan arti Responsive itu apa? Kalau ada yang belum tau baiklah saya jelaskan sedikit pengertian Responsive itu apa, Responsive  adalah teknik untuk membuat layout website teman-teman dapat secara otomatis menyesuaikan diri dengan tampilan device outputnya, baik ukuran maupun orientasinya. Misalkan tampilan yang berada di desktop komputer dengan tampilan yang di akses melalu SmartPhone itu akan berbeda tampilannya. Sekarang saya akan mengajarkan kepada teman-teman cara membuatnya. Pertama teman-teman buat file HTML nya seperti di bawah ini :

Setelah teman-teman membuat file HTML nya teman-teman bisa membuat file CSS nya untuk navigasi menu tampilan di layar biasa (Dekstop) seperti di bawah ini :

Untuk tag <li> saya menggunakan property CSS display: inline-block fungsinya untuk mensejajarkan tag <li> ke kiri, dan akan secara otomatis meratakan kiri, kanan, dan tengah mengikuti text-align di elemen tag <ul> nya.

Nah setelah buat file CSS untuk layar Dekstop sekarang kita buat CSS untuk Nvigasi Menu Responsivenya jadi saat di buka di layar kecil tampilan Menu akan berubah menjadi blok sehingga menghasilkan Menu Dropdown. CSS nya seperti gambar di bawah ini :

Setelah semuanya di buat lalu di save dan lihat hasilnya. Mudah bukan teman-teman. Silahkan teman-teman kreasikan Navigasi Menu Responsivenya sesuai kreatifitas teman-teman.

Sekian dulu Tutorial dari saya semoga bermanfaat dan menambah ilmu teman-teman.. Terima Kasih.

Untuk melihat hasilnya dan download Source nya bisa lihat di SINI dan DOWNLOAD Source nya.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More