Membuat Bayangan Tulisan dengan Masking di Adobe Photoshop

halo teman-teman berikut ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang Cara Membuat Bayangan Tulisan dengan Photoshop. Tutorial ini termasuk tutorial basic, jadi buat teman-temann yang baru belajar atau yang ingin mempelajari lebih dalam tentang Photoshop, pasti akan mudah mengikutinya.

Okey, langsung saja tahap pertama kita akan membuat sebuah dokumen baru, dengan klik menu File > New, kemudian teman-teman setting saja sesuai kan dengan kebutuhan

Langkah berikutnya, kita akan membuat Tulisan menggunakan Horizontal Type Tool, kemudian teman-teman bisa ketik kata apapun disitu.

Setelah itu, kita sekarang menduplikat Layer tulisan yang tadi baru kita ketik dengan klik menu Layer > Duplicate Layer, atau dengan menekan shortcut CTRL + J.

 

Setelah Layernya kita duplicate, Layer hasil duplicate tadi akan kita balik, dengan menggunakan Flip Horizontal, caranya adalah seperti gambar di bawah ini.

 

Setalah Ter Flip Horizontal, teman-teman akan melihat tulisan yang terbalik, dan tulisan tersebut teman-teman geser posisinya persis di bawah tulisan yang satunya, seperti gambar di bawah. teman-teman juga harus tahu Layer mana yang Tulisan normal, dan Layer mana yang tulisannya terbalik.

 

Okey kemudian Pada Layer yang Tulisan Terbalik, kita akan menambahkan Layer Mask yang nantinya Layer Mask ini akan digunakan untuk masking atau menghapus bagian yang tidak kita butuhkan, agar nantinya hasilnya bisa menjadi seperti bayangan. Cara menambahkan Layer Mask, teman-teman pastikan terlebih dahulu Layer yang aktif adalah Layer yang tulisannya terbalik yah, kemudian kita klik menu Layer > Layer Mask > Reveal All

 

kemudian secara otomatis akan muncul sebuah layer yang berwarna putih disamping layer tulisan yang terbalik, nah itulah yang dinamakan Layer Mask. 

 

Setelah itu, sebelum memulai masking, teman-teman pilih dulu Tool Gradient Tool

 

Pastikan dibagian warnanya adalah Hitam dibagian atas, dan Putih dibagian bawah, atau teman-teman bisa menekan tombol huruf "D" di keyboard, makan akan secara otomatis akan terset warna hitam dan putih, kemudian untuk membalikkan teman-teman tekan tombol huruf "X" untuk mennukar posisi Warna hitam diatas, dan putih dibawah. 

 

Pada bagian Properties Gradient tool, Pilih gradient yang kedua yaitu Foreground to Transparent. 

 

Setalh itu, barulah teman-teman tarik beberapa kalik dari atas ke bawah gradientnya, sehingga nantinnya perlahan tulisan yang terbalik akan menghilang sedikit-sedikit.

 

 

Okey teman-teman, kurang lebih setelah ditarik menggunakan Gradient, hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

 

Mudah bukan teman-teman?? itu tadi tutorial tentang Cara Membuat Bayangan Tulisan dengan Photoshop, Semoga tutorial ini bermanfaat, dan teruslah berkarya....

30 Maret 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat