Memahami Fungsi Setter Getter Pada Penerapan Encapsuplation

Hallo teman-teman apa kabar. Pada hari ini kita akan belajar memahami penerapan encapsuplation php oop. Encapsuplation merupakan pembungkus data atau bisa disebut dengan penyembunyian informasi. Artinya kita membuat data tidak dapat diakses secara langsung kecuali melalui method atau fungsi yang telah kita sediakan. Untuk mengimplementasikan encapsuplation adalah dengan menggunakan function setter dan getter.

function setter digunakan untuk memberikan set nilai untuk suatu properti. function ini sering digunakan untuk memvalidasi data yang masuk sebelum data tersebut diisikan pada suatu properti. Sedangkan getter digunakan untuk menghasilkan suatu nilai dari hasil perhitungan.

Untuk lebih memahami silahkan teman-teman buat kode php seperti berikut :

Memahami-Fungsi-Setter-Getter-Pada-Penerapan-Encapsuplation

 

perhatikan function setter dan getter. function inilah yang melakukan penyembunyian ketika kita memproteksi properti dan method yang ada pada class dengan keyword visibilitas Privite ataupun protected.

Memahami-Fungsi-Setter-Getter-Pada-Penerapan-Encapsuplation

Selanjutnya function ini akan kita gunakan untuk mencetak nilai mahasiswa. Teman-teman bisa menambahkan skrip sebagai berikut :

Memahami-Fungsi-Setter-Getter-Pada-Penerapan-Encapsuplation

Simpan dan jalankan pada browser. Skrip diatas mendefinisikan proses penginputan data nim, nama, dan nilai yang telah di set pada function nilai().

Demikian pelajaran encapsuplation hari ini semoga bermanfaat. Baca juga Cara Menampilkan Data dengan OOP.

 

12 Juli 2014

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat