Macam-Macam Operator Increment Dan Decrement Dalam PHP

18/07/2014    Faizal Rafik    4847     Website

Pada tutorial kali ini saya akan membahas macam-macam operator yang ada didalam PHP terutama operator Increment dan Decrement. Fungsi kedua operator tersebuat adalah untuk mempersingkat pembuatan kode program. Increment dan Decrement adalah nama untuk operasi seperti $a++ dan $a--. Increment digunakan untuk menambah nilai variable sebanyak 1 angka, sedangkan Decrement digunakan untuk mengurang nilai variable sebanyak 1 angka. Cara penulisannya menggunakan tanda tambah sebanyak 2 kali untuk Increment, sedangkan Decrement menggunakan tanda kurang 2 kali dan untuk penempatan kedua tanda tersebut boleh sebelum variable atau sesudah variable tetapi dari penempatan keduannya tersebut memiliki perbedaan sehingga terdapat 4 jenis Increment dan Decrement dalam PHP. Penjelasannya sebagai berikut :

++$a Pre-increment : menambahkan nilai $a sebanyak 1, lalu kirim nilai.

$a++ Post-increment : kirim nilai $a, lalu menambahkan nilai $a sebanyak 1.

--$a Pre-decrement : mengurangi nilai $a sebanyak 1, lalu kirim nilai.

$a-- Post-increment : kirim nilai $a, lalu mengurangi nilai $a sebanyak 1.

Berikut adalah cara penggunaan operator Increment dan Decrement :

Post-increment :

Hasilnya :

Pre-increment :

Hasilnya :

Post-decrement :

Hasilnya :

Pre-decrement :

Hasilnya :

Pada contoh program diatas kalian bisa lihat fungsi operator Post-increment ($a++), akan mencetak hasilnya terlebih dahulu, kemudian baru menambahkan nilai variable $a sebanyak 1 angka. Sedangkan Pre-increment (++$a), akan menambahkan nilai 1 angka terlebih dahulu pada variable $a, kemudian baru mencetak nilainya. Begitu pun dengan Post-decrement ($a--) dan Pre-decrement (--$a).

Nah itulah macam-macam kegunaan operator increment dan decrement. Selamat mencoba ya teman-teman. Sekian dulu artikel dari saya sampai ketemu diartikel berikutnya. Terima Kasih

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More