Lensa Pada Webcam Harus Diperhatikan

31/08/2015    Alfiana Irsyada Salma    1786     Artikel Bebas

Pernahkah kamu mendengar terdapat kasus dimana foto-foto pribadi seseorang bisa beredar di internet ? Padahal si pemilik foto merasa tidak pernah membuat atau menyebarkan foto tersebut. Faktanya, foto yang tak pernah kalian sebarkan itu adalah hasil dari kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan Webcam sebagai alat mata-mata.

Webcam adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui colokan USB atau colokan COM. Fungsinya untuk memudahkan kita dalam mengolah pesan cepat, seperti chat melalui video atau bertatap muka melalui video secara langsung. Selain itu, Webcam juga berfungsi mentransfer sebuah foto atau video.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bahaya dibalik Webcam pada laptop atau komputer. Menurut salah seorang pakar keamanan informasi, Jim Stickley dari perusahaan TraceSecurity mengatakan bahwa “Hanya dalam satu menit seorang Predator Cam dapat masuk ke sistem laptop seseorang untuk menyalahkan Webcam untuk merekam atau mengambil gambar”. Terungkap bahaya dibalik lensa Webcam, pada tahun 2013, Agen Amerika, Edward Snowden membeberkan dokumen rahasia milik NSA [National Security Agency] yang menjelaskan kemampuan NSA dalam membuat program “Backdoor” untuk mendapatkan akses ke kamera iPhone dan BlackBerry.

Karena Webcam berbahaya, patutlah kita waspada. Berikut ini beberapa cara sederhana agar terhindar dari serangan Webcam Predators :

Pastikan Menginstal dan Selalu Memperbaharui Antivirus.

Pada umumnya serangan yang menargetkan Webcam, memanfaatkan Trojan sebagai sarana untuk membobol akses pada sistem komputer maupun gadget. Nah, dengan menggunakan antivirus yang selalu ter-update, maka kemungkinan dibobolnya Webcam dapat semakin diminimalkan.

Lepaskan USB Penghubung Webcam.

Cara yang satu ini khusus untuk para pengguna Webcam Eksternal.

Menonaktifkan [Disable] Webcam Hardware Melalui Devide Manager.

Cara sederhana untuk menghindari serangan Hacker untuk membobol Webcam adalah dengan men-disable perangkat Webcam melalui fitur “Device Manager” pada komputer dengan sistem operasi Windows.

Menutup Lensa Webcam.

Cara yang ampuh untuk menangkal serangan pada Webcam adalah dengan menutup lensa Webcam, khususnya bagi para pengguna laptop pada saat sedang terkoneksi internet ataupun intranet.

Semoga bermanfaat informasi yang saya berikan, semoga dapat meningkatkan keamanan Anda terutama keamanan di dunia maya, hati-hatilah dalam menggunakan aplikasi berbagi foto dan video yang dapat terhubung ke dunia maya.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More