Konfigurasi Yang Terdapat Pada Codeigniter

Timbul pertanyaan apa si keuntungan kita menggunakan framework ? Yang pertama kita tidak perlu membuat function function itu dari awal karena pada framework ini sudah dibuat seperti menangani file, email, cookies dan lain lain jadi kita sebagai pengguna hanya tinggal mengunakan saja tanpa harus membuatnya dari nol dan yang kedua struktur code yang akan digunakan itu lebih rapi yang artinya diberikan aturan dimana framework ini sudah mempunyai konsep MVC yang artinya konsep yang pemisahan antara logic, tampilan dan database.

Nah pada blog kali ini kita akan sedikit membahas setting settingan yang terdapat pada codeigniter. Pada framework codeigniter ini ada beberapa settingan yang pertama kali temen temen harus mengaturnya. Yang pertama pada file config yang terdapat pada folder application/config. Pada file tersebut terdapat base_url yang dimana temen temen harus menyesuaikan url yang kita gunakan atau jika temen temen sudah upload ke hosting url tersebut kita sesuaikan dengan nama domain.

Pada file autoload ini fungsinya untuk meload library dan helper secara otomatis. Yang sering kita gunakan adalah meload url, form, database dan session jika temen temen gunakan session.

Sedangkan yang ini cara meload helper pada codeigniter

Yang perlu diperhatikan lagi pada file database yang merupakan konfigurasi tentang database yang akan secara otomatis terhubung ke suatu database.

Pada file Router ini adalah controller yang akan diakses atau dijalankan pertama kali.

Jika temen temen ingin melihat dokumentasinya temen temen bisa akses dengan cara localhost/namafolder/user_guide
Selamat Mencoba.

4 September 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat