Kelemahan Keamanan Pada Apple Dan Google

Kabar terbaru dari sekelompok peneliti mengenai kelemahan teknologi enkripsi pada browser milik Apple [Safari] dan browser milik Android Google [bukan Chrome]. Mereka mengatakan ada peretas untuk memata-matai komunikasi pengguna.

Freak atau celah keamanan dari Factoring Attack on RSA-Export Keys mengatakan kemungkinan ada peretas yang bertujuan untuk memata-matai komunikasi pengguna saat mengunjungi ribuan situs melalui browser tersebut. Terdapat beberapa situs yang terpengaruh oleh kelemahan ini termasuk situs-situs pemerintah Amerika Serikat, seperti Whitehouse.gov, FBI.gov, dan NSA/gov.

Dari recode Apple dan Google telah menerima laporan mengenai kelemahan keamanannya dan akan segera mempersiapkan perbaikan untuk menangkal kelemahan tersebut.

Juru bicara Apple, Ryan James mengatakan bahwa raksasa teknologi tersebut telah mengembangkan pembaharuan perangkat lunak untuk memulihkan kerentanan yang ditemukan. Kabarnya, perbaikan ini akan segera diluncurkan minggu depan. Bersamaan dengan peluncuran itu, juru bicara Google, Liz Markman juga menyebutkan perusahaannya tengah mengembangkan perbaikan untuk masalah ini. Namun, belum bisa dipastikan kapan pengguna akan menerima pemutakhiran untuk keamanan yang lebih kokoh. Pastinya, perbaikan kelemahan pada browser Android akan melibatkan kerjasama dengan pembuat perangkat dan operator seluler.

Liz Markman menghimbau, demi keamanan pengguna, semua situs bisa menonaktifkan sementara dukungan untuk sistem enkripsi yang rentan terhadap kelemahan keamanan ini. Karena, jika situs menggunakan standar enkripsi yang lemah, maka perentas akan mampu memecahkan enkripsi dalam beberapa jam. Kemudian, perentas dapat mencuri data dan melancarkan serangan pada situs-situs itu.

Liz Markman menegaskan, pada dasarnya tidak semua situs rentan dengan FREAK. Katanya, “Koneksi Android untuk sebagian besar situs, termasuk situs Google tidak terpengaruh oleh kerentanan ini”.

4 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat