Keamanan Password Sangat Penting

Kunci keamanaan atau password merupakan bagian terpenting dari sebuah akun di dunia internet, baik itu akun untuk email, media sosial, hingga untuk membuka aplikasi. Kini, ketika kita ingin membuka suatu aplikasi pasti di wajibkan untuk mengisi password. Namun, kebanyakan masyarakat kurang memperhatikan password dan biasanya password yang dibuat sangat sederhana, alasannya agar mudah diingat.

Membuat password dengan kombinasi sederhana seperti, tanggal lahir, nomor telepon, plat kendaraan, atau tanggal yang istimewa dan lain sebagainya. Bukanlah suatu cara yang aman.

Ternyata, kata atau angka sederhana yang kita cantumkan untuk password dapat memudahkan hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab, membobol akun kita. Sangat disayangkan apabila kita menyimpan data pribadi atau data-data penting didalamnya.

Menurut hasil penelitian dari Universitas Carniage Mellon, telah diteliti secara acak tentang password yang sering kali digunakan oleh netizen dan hasilnya password mereka sudah banyak diprediksi orang dan mudah ditebak. Password yang sulit ditebak dan mudah digunakan yaitu dengan membuat sebuah kalimat yang mudah diingat namun sulit untuk dibajak. Seperti “Kamu Menggulung Tirai” atau “Saya Mandi Di Pagi Hari”.

Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa password dengan menggunakan kalimat akan sulit untuk ditebak oleh pembajak, bila dibandingkan dengan suatu kata yang diselingi dengan karakter angka. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan di akun media sosial yang kamu miliki. Selamat mencoba.

12 Februari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat