Keamanan Cyber Tahun Mendatang

Begitu banyak kasus mengenai rentannya keamanan cyber di dunia pada tahun 2013 dan 2014 silam. Akan seperti apa kasus mengenai keamanan cyber pada tahun 2015 mendatang. Apakah akan banyak kasus pelanggaran, kerentanan keamanan cyber kembali atau semakin memperkuatnya keamanan cyber ?

Menurut salah satu perusahaan keamanan cyber, Symantec, bahwa terdapat beberapa hal yang akan tetap terjadi di tahun 2015 dari sisi keamanan cyber. Symantec memprediksikan ada 10 hal yang akan terjadi.

Pertama, terjadinya serangan pada Internet of Things [IoT] yang akan fokus pada otomasi rumah pintar. Serangan tersebut bisa terjadi pada perangkat seperti router rumah atau televisi. Hal tersebut dilakukan semata-mata bertujuan untuk mencuri data pribadi.

Kedua, terjadinya serangan pada perangkat mobile akan terus menjadi target bagi penyerang cyber. Terutama, jika perangkat mobile menyimpan data pribadi, data rahasia dan selalu aktif setiap saat.

Ketiga, Kemampuan machine learning untuk memprediksi serangan cyber akan meningkatkan tingkat deteksi dan mungkin merupakan kunci yang membalikkan tren kejahatan cyber.

Keempat, privasi akan menjadi korban dari aplikasi mobile. Maksudnya adalah data pribadi akan banyak diserahkan begitu saja dengan mudah oleh pengguna aplikasi mobile.

Kelima, penjahat cyber akan tetap melakukan penipuan yang melibatkan ransomware, atau penyanderaan file-file korban untuk ditukarkan dengan uang atau dengan keuntungan lainnya.

Keenam, pada tahun 2015 akan terlihat evolusi dari Personal Data Protection Act yang terutama terlihat di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebut untuk memastikan bahwa setiap individu dan organisasi memiliki pola pikir yang tepat terkait dengan keamanan online dan pencegahan kejahatan cyber.

Ketujuh, Distributed Denial of Service [DDoS] akan semakin terus meningkat sebagai ancaman. Karena motivasi penyerang dapat bervariasi dengan hacktivism, keuntungan, dan perselisihan menjadi alasan utamanya.

Kedelapan, sistem kata sandi, pengamanan dengan sidik jari dan mata, tak selalu bisa menjadi perlindungan yang efektif dan tepat. Karena itu, fokus keamanan ada di perilaku penggunanya.

Kesembilan, Adopsi Cloud Computing akan semakin besar. Akan tetapi, perusahaan perlu memastikan bahwa data mereka dibersihkan sebelum disimpan.

Kesepuluh, usaha untuk melawan kejahatan cyber tidak bisa dilakukan sendiri dan insdustri keamanan bersama-sama dengan penyedia layanan telekomunikasi dan pemerintah dari seluruh dunia akan menggabungkan kekuatan untuk mengalahkan kejahatan cyber.

29 Desember 2014

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat