Karya Google Yang Tak Bertahan Lama

Google merupakan raksasa perusahaan terkenal di dunia dan mampu memiliki saham 1.000 dollar AS. Produk yang hebat dan populer sudah banyak Google ciptakan. Namun, pastinya ada beberapa produk yang gagal diciptakan oleh Google. Berikut saya akan kenalkan produk buatan Google yang tidak bisa menjadi populer atau gagal dipertahankan.

Pertama, Google Lively, berfungsi untuk chatting dan berbagi. Dilengkapi dengan program chat 3D atau situs jejaring sosial 3D. Jadi, pengguna bisa menyesuaikan setiap aspek dari ruangan yang dibuatnya. Team Lively telah memberhentikannya pada 2008 silam, karena perusahaan ini lebih fokus pada inti pencarian, iklan dan aplikasi bisnis.

Kedua, Google Answers, merupakan portal yang memungkinkan pengguna untuk mengirim jawaban yang akurat atas permintaan pengguna lain. Orang yang menanyakan pertanyaan akan membayar 2 – 200 dollar AS. Selain itu, pengguna bisa meninggalkan upah sampai 100 dollar AS. Diberhentikan pada November 2006 silam, karena Google hanya mengatakan bahwa “pertimbangan produk lain membuatnya lebih efektif bagi kita untuk memfokuskan pada cara-cara lain untuk membantu pengguna kami menemukan informasi”.

Ketiga, Google Print Ads and Google Radio Ads, Google masuk ke dalam penjualan iklan cetak dan iklan radio dengan biaya yang jauh lebih rendah. Bahkan mencapai kesepakatan dengan Clear Channel Radio, Google seharusnya menjual sekitar 5% ruang iklan. Pada tahun 2009, Google mengatakan bahwa proyek tidak memenuhi harapan dan tidak memiliki dampak yang perusahaan harapkan.

Keempat, Dodgeball, adalah layanan jejaring sosial berbasis lokasi dimana pengguna bisa menggunakan melalui pesan teks. Dodgeball memungkinkan seseorang untuk menyiarkan lokasinya kepada pengguna lain. Pada Januari 2009 eksekutif Vic Gundotra mengumumkan di Google Code Blog bahwa perusahaan akan menghentikan Dodgeball.com dan diganti dengan Google Latitude.

Kelima, Google Buzz, produk ini merupakan produk saingan Facebook. Jejaring sosial, Microblogging dan pesan alat diintegrasikan ke Gmail dan pengguna bisa berbagi foto, video, pesan, status, komentar, dan link. Diberhentikan karena pertama, masalah privasi. Bahkan, pengguna Gmail mengajukan gugatan class action terhadap Google. Kedua, pengguna tidak senang dengan program jejaring sosial di kontak surat mereka. Eksekutif Perusahaan Bradley Horowitz mengumumkan pada Oktober 2011 bahwa kita akan menutup Google Buzz.

Keenam, Google Health, Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan catatan kesehatan mereka di lokasi yang terpusat, baik secara manual maupun dengan login ke account merk yang bermitra dengan penyedia layanan kesehatan. Perusahaan ingin membuat layanan yang akan memberikan orang akses ke data kesehatan pribadi mereka dan informasi kesehatan. Diberhentikan pada Januari 2013, karena di dalam posting blog resmi mengatakan “Google Health tidak memiliki dampak luas yang kita harapkan”.

Ketujuh, Google Picnik, berbeda nama dan fungsinya. Picnik adalah layanan editing foto online, Google telah mengakuisisi Picnik pada tahun 2010. Mengapa diberhentikan. Karena sebuah aplikasi dengan alat yang sama akan ditambahkan ke Google+. Nah, alat itu adalah Creative Kit. Maka, Google Picnik diberhentikan pada April 2012.

Nah, ketujuh produk buatan Google itu merupakan produk gagal yang pernah Google ciptakan dan masih banyak lagi produk-produk yang Google ciptakan namun kini sudah tidak digunakan.

25 Februari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat