Kamera Pengawas Pencuri Listrik Dari Sinyal Wifi

29/05/2016    Alfiana Irsyada Salma    2095    Artikel Bebas

Perlu kalian ketahui bahwa kamera pengawas masa depan mampu mengambil energi atau daya listrik dari sinyal WiFi di rumah. Para peneliti yang bekerja di University of Washington merealisasikan teknologi perangkat tersebut. Nantinya, akan ada kamera pengawas pencuri listrik dari sinyal WiFi.

Para peneliti bekerja untuk menciptakan teknologi penghasil energi menggunakan sinyal dari perangkat WiFi rumahan yang beroperasi di pita spektrum radio 2.4GHz. Dengan demikian, teknologi ini nantinya bisa diterapkan pada kamera kecil atau kamera pengintai. Teknologi ini bisa dikatakan bukan sebuah teknologi baru.

Sebuah sistem PoWiFi menjadi yang pertama didemonstrasikan untuk dihubungkan dengan sinyal dari hardware WiFi yang telah ada. Untuk mendukung proyek pengembangan teknologi ini, beberapa perangkat kecil dikembangkan untuk menguji sebuah sistem, termasuk perangkat “Battery Free Camera”, sensor temperatur dan dua alat pengisi daya baterai.

Dalam laporan para peneliti, team tersebut tidak dapat mencapai voltase minimal 300mV, yang diperlukan untuk mengoperasikan hardware.  Namun, peneliti membuat solusi dengan memodifikasi transmisi WiFi untuk menyiarkan sinyal berkelanjutan, bahkan ketika tidak ada banyak data yang dikirim.

Demonstrasi yang dibuat peneliti didesain agar jangan sampai menyebabkan penurunan performa pada jaringan WiFi rumah. Sistem PoWiFi dapat memanen listrik dari beberapa saluran WiFi 2.4GHz dan penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini bisa menggabungkan beberapa 'ISM band' seperti 900MHz, 2.4GHz dan 5GHz untuk mengoptimalkan sistem dan memberikan lebih banyak daya. Jadi, nantinya akan ada kamera pengawas pencuri listrik dari sinyal WiFi.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow