Javascript substr

Halo teman-teman dumenity. Artikel saya kali ini akan membahas tentang fungsi substr pada javascript. Seperti kita ketahui, javascript merupakan bahasa scripting dalam pemrograman berbasis website. Jadi javascripit memiliki fungsi-fungsi yang hampir sama dengan bahasa pemrograman. Ada array, kondisi dengan if, looping dan masih banyak lagi. Jadi tidak heran dalam penulisan scriptingnya agak mirip denganbahasa pemrograman website yaitu PHP. Salah satu fungsi yang digunakan di bahasa pemrograman adalah substr. Fungsinya untuk mengambil beberapa karakter dari suatu kata. Untuk contoh saya kali ini saya memadukan dengan event onclick dari jquery. Oke teman-teman langsung perhatikan source dibawah ini saja :

 

See the Pen EjVGdp by fachrul ahaddin (@fachruldumet) on CodePen.

 

Coba teman-teman liha di bagian JSnya. Saya mempunyai sebuah variabel dengan nama kata yang berisi “DUMET School”. Lalu saya buat sebuah variabel dengan nama hasil yang akan menampilkan kata “DUMET” di HTMLnya. Perhatikan pada variabel hasil, saya menggunakan fungsi substr untuk mengambil kata “DUMET” saja dari kata “DUMET School”. Maksud dari penulisan substr(0, 5) adalah saya mengambil sebanyak 5 karakter dari karakter pertama di sebelah kiri. 0 mewakili karakter paling pertama bukan 1. Jadi hasilnya seperti yang teman-teman lihat kata DUMET akan muncul ketika diklik.

Oke teman-teman, terima kasih sudah menyimak artikel saya kali ini. Tetap semangat belajar ya. Happy coding.

7 Mei 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat