Isi Ulang Baterai Tanpa Kabel

10/12/2015    Alfiana Irsyada Salma    2238    Artikel Bebas

Sekarang ini, beberapa perangkat smartphone terbaru sudah mendukung pengisian baterai tanpa kabel, biasa disebut dengan pengisian berbasis “Qi Wireless Charging”. Teknologi tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan isi ulang baterai tanpa kabel, jadi pengguna tidak perlu repot untuk menggunakan kabel data ke port microUSB.

Nama Qi Wireless Charging diambil dari sebuah kata dalam bahasa China, Qi yang berarti energi yang mengalir. Teknologi tersebut lebih dikenal dengan teknologi Qi, tekologi Qi sudah mulai dikembangkan dan digunakan untuk mengisi daya baterai seperti ponsel iPod, Pemutar MP3, dan Kamera.

Energi yang dialirkan secara nirkabel terjadi akibat adanya induksi elektromagnetik. Dengan cara induksi, maka perangkat tidak memerlukan kabel tradisional, akan tetapi menggunakan medan elektromagnetik. Prinsip teknologi sederhana ini dikenal sebagai, Qi Sender atau sebuah Charging Station yang mengalirkan energi listrik yang dibutuhkan kepada Qi Receiver atau ponsel mobile.

Beberapa produsen atau manufaktur membuat sebuah pad charging nirkabel Qi yang kompatibel dengan berbagai merk ponsel. Jika, kedua perangkat Sender dan Receiver memenuhi spesifikasi teknologi Qi maka pengisian daya bisa dilakukan tanpa kabel pada perangkat. Beberapa perusahaan seperti Nokia, Samsung, LG, Sony, HTC, dan Motorola telah mengangkat standar Qi pada ponsel tertentu buatan mereka. Jumlah perangkat yang mendukung teknologi pengisian baterai Qi bertambah seiring dengan berkembangnya teknologi Qi Wireless Charging. Jika kalia ingin mengetahui ponsel apa saja yang mendukung teknologi Qi, maka pengguna bisa mengakses website qinside.biz disana kalian bisa mengetahui ponsel apa saja yang sudah mendukung teknologi Qi.

Dari Wikipedia menjelaskan bahwa teknologi Qi dikembangkan oleh Wireless Power Consortium (WPC) untuk mengalirkan energi secara induktif. WPC sendiri didirikan pada tahun 2008 dan membuka sebuah kerjasama anggota dari Asia, Eropa, dan Amerika. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan standar global teknologi charging berbasis induktif.

Spesifikasi Qi mendukung pengisian baterai energi rendah di bawah 5W dan mampu mengalirkan energi secara induktif antar perangkat (Ponsel dan Charging Pad) dari jarak 5 mm hingga 40 mm. kalian tertarik untuk memiliki teknologi Qi, agar dapat memudahkan isi ulang baterai tanpa kabel.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow