Internet Of Things Berkembang

30/10/2014    Alfiana Irsyada Salma    882     Artikel Bebas

Seperti yang kita sudah ketahui teknologi yang saat ini sedang buming di bicarakan adalah teknologi telekomunikasi seluler generasi keempat [4G]. Teknologi tersebut bagi Indonesia kini sudah berada pada posisi di ambang pintu gerbang Indonesia. Jika nanti 4G hadir mengetuk pintu Indonesia 4G akan dimanfaatkan oleh berbagai perangkat.

Misalnya berbagai perangkat ponsel, gadget, tablet akan menjadi yang pertama mengantri untuk dapat memanfaatkan akses 4G LTE. Selain itu, banyak perangkat lainnya yang bisa juga memanfaatkan akses 4G LTE. Misalnya perangkat “Internet Of Things” seperti Televisi atau Kulkas.

Perangkat yang biasa dipakai begitu-begitu saja akan semakin lama semakin banyak yang dibenamkan teknologi untuk diakses ke jaringan. Sebagian produsen sudah memperkenalkan televisi, kulkas, penyejuk ruangan bahkan mesin cuci yang sudah bisa terhubung ke jaringan Internet. Kebanyakan dari mereka menggunkan koneksi WiFi. Namun, untuk kedepannya nanti akan dengan lebar dan mudah  mengakses Internet dengan teknologi yang dihadirkan oleh 4G, perangkat tersebut akan memanfaatkan teknologi 4G. Di Indonesia saat ini sudah banyak yang telah memanfaatkan “Internet Of Things”, misalnya untuk kendali rumah pintar.

Lolly Amalia Abdullah, selaku Direktur Kerjasama dan Fasilitasi, Direktorat Jendral Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan IPTEK, Kemenparekraf, mengatakan “Saat ini kondisi teman-teman (Pelaku Industri) siap. Namun, yang saya lihat justru infrastrukturnya yang belum siap”. Menurut Lolly, saat meresmikan Pusat Kreatif Digital Depok pada awal Oktober 2014, infrastruktur adalah salah satu kunci agar pelaku industri kreatif digital agar bisa mengembangkan produknya. Kedepannya, tren pengembangan aplikasi itu kan bisa ke Big Data, Internet Of Things dan yang lainnya. Jadi, ada banyak kesempatan untuk aplikasi.

Lolly juga berharap dengan hadirnya teknologi terbaru di telekomunikasi seluler itu, memungkinkan aplikasi “Internet Of Things”. Contohnya, Kulkas yang bisa memeriksa inventarisnya dan melakukan komunikasi ke supermarket saat ada bahan yang sudah habis. Jadi, dengan hadirnya 4G tak hanya ditunggu oleh para pengembang perangkat ponsel saja, tetapi juga ditunggu dan akan diterapkan di televisi, kulkas, atau mesin cuci. Semuanya akan mungkin terjadi.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More