Intel Ciptakan Wireless Tanpa Kabel

18/09/2014    Alfiana Irsyada Salma    807     Artikel Bebas

Tenarnya pengisian baterai Smartphone secara nirkabel atau Wireless Charging, kini telah menjadi inspirasi banyak perusahaan salah satunya adalah Intel, ada rencana baru, kabarnya tahun depan akan dilakukan sebuah terobosan baru yaitu dapat mengisi baterai secara nirkabel pada laptop. Tak hanya pada laptop, perusahan Mikroprosesor Intel sangat berambisi untuk menghilangkan penggunaan kabel dari semua perangkat dan gadget.

Sewaktu di acara Intel Developer Forum [IDF] 2014 pekan lalu di San Francisco. Seorang senior VP and GM PC Client Group Intel, mengatakan bahwa “Kami akan membuang keribetan atau keruwetan lilitan kabel, kabel docking, kabel charger, dan kabel data. Intel akan menghadirkan sebuah platform referensi untuk PC yang bebas dari kabel, termasuk perangkat monitor nirkabel, pada akhir tahun 2015 mendatang.

Agar Intel dapat mewujudkan visinya itu, Intel mengembangkan dua buah teknologi dasar nirkabel, yaitu Wireless Charging Hotspot dan Wireless Gigabit [WiGig]. Dengan teknologi jaringan nirkabel, WiGig yang dikembangkan Intel akan memiliki kecepatan transfer data tiga kali lipat lebih kencang dibandingkan standar 802.11 ac. WiGig diklaim akan mampu mentransfer data berukuran besar seperti audio dan video dengan lancar melalui jaringan nirkabel. WiGig tidak hanya untuk keperluan transfer data melaui jaringan, melainkan ia juga akan berguna untuk dapat menyulap layar monitor agar menampilkan gambar dari PC, Laptop atau perangkat lain tanpa perlu terhubung dengan kabel.

Penggunaan WiGig pada perangkat monitor juga sangat diperlihatkan sewaktu acara IDF 2014. Staf Intel mendemokan perangkat “Two In One” yang tampilan layarnya dapat muncul di perangkat monitor terpisah tanpa ada kabel yang terhubung antara keduanya. Storage, Keyboard, Mouse, dan semua peripheral yang membuat tas ranselmu berat dan kabelnya menyebar disekitar meja kita. Kini Intel menghilangkan kabelnya dengan satu teknologi canggih menggunakan Wireless Gigabit.

Rencananya WiGig akan hadir di platform bersamaan dengan prosesor Skylake pada tahun 2015 mendatang. Pada acara IDF Kirk Skaugen menunjukan Wireless Charging di laptop, seakan sudah siap meluncurkan wireless tersebut. Pada waktu demo staf Intel meletakkan laptop ke atas meja kayu, lalu laptop tersebut terlihat sedang ter charger dan proses pengisian baterai tetap berlangsung meski laptop digeser-geser posisinya. Pengisian baterai dapat terhenti bila laptop diangkat.

Menariknya, tidak ada permukaan khusus untuk peralatan Wireless Charging yang terlihat diatas meja. Peralatan tersebut tersembunyi dibawah meja. Dengan menggunakan teknologi magnetic resonance, perangkat ternyata tak perlu bersentuhan langsung dengan pengisi baterai. “Gelombang pengisian baterai bisa menembus kayu hingga setebal 2 inci”. Untuk membuktikan hal tersebut Skaugen memperlihatkan papan sirkuit Wireless Charging yang diambilnya dari bawah meja.

Untuk mengembangkan Wireless Charging berbasis teknologi magnetic resonance, Intel bergabung dengan vendor-vendor dalam organisasi A4WP [Alliance For Wireless Power]. Intel berencana akan segera menerapkan standar Wireless Charging untuk semua perangkat komputernya yang akan dimulai dari prosesor Skylake.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More