Inilah Domain Termahal Di Dunia

Bagi teman-teman yang membaca artikel ini, saya yakin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Domain. Tapi tidak mengapa saya coba jelaskan sedikit apa itu Domain, Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengakses sebuah website seperti google.com. Dengan Domain, kita akan lebih mudah mengingat alamat website tanpa harus mengetikan deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP Address.

Memilih nama Domain tidak sembarang, semakin unik nama domain dan memiliki makna yang bagus, maka semakin mahal harga Domain tersebut. Pada dasarnya harga domain sendiri tidaklah mahal, kita bisa membeli dengan kisaran harga 10 USD atau 100 ribuan rupiah, namun nama-nama domain yang unik sudah banyak dipakai atau diambil oleh perusahaan penjual beli domain untuk dijual kembali dengan harga selangit, jadi semakin lama mencari nama domain yang bagus menjadi sangat susah.

Namun biasanya perusahaan besar akan membayar kembali nama domain yang sudah diambil walaupun dengan harga yang sangat mahal, seperti Facebook yang dulu membeli nama domain facebook.com dengan harga 2 miliar lebih pada perusahaan AboutFace Corp.

Selain Facebook, ada banyak perusahaan yang membeli nama domain dengan harga yang jauh lebih mahal. Berikut adalah daftarnya:

Medicare.com

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa domain tersebut memiliki makna yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Dan akhirnya perusahaan eHeathInsurance.com tertarik membeli nama domain tersebut seharga 4.800.000 USD atau berkisar 63,5 miliar Rupiah pada Mei 2014 lalu.

Clothes.com

Kemudian perusahaan eCommerce Zapos membeli nama domain yang sangat unik yakni clothes.com seharga 4.900.000 USD atau setara dengan 64,8 miliar Rupiah pada 2008.

Toys.com

Nama domain toys.com dijual oleh perusahaannya sendiri karena mengalami kebangkrutan, akhirnya domain tersebut pun berhasil dilelang dengan harga 5.000.000 USD atau sekitar 67,4 miliar rupiah, perusahaan yang berhasil membelinya adalah perusahaan mainan Amerika Serikat, Toys R Us.

Slots.com

Slots.com sendiri adalah situs judi online yang saat ini masih beroperasi, tidak banyak informasi terkait situs ini namun kabarnya nama domain tersebut dibeli dengan harga 5.500.000 USD atau setara dengan 72,7 miliar Rupiah.

Ada lebih banyak lagi domain-domain dengan harga yang fantastis, sebuah perusahaan rela merogoh kocek yang sangat besar hanya untuk mendapatkan sebuah nama domain, itu karena begitu pentingnya "nama" sebagai jati diri perusahaan.

29 April 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat