Haruskah menulis ?> disetiap akhir script PHP

05/07/2015    Rido Sandi Atmanto    1435     Website

Halo teman-teman dumetschool !

PHP adalah bahasa pemrograman web yang membuat sebuah tampilan web menjadi dinamis dan tidak itu-tu saja. Dengan bekerja sama dengan database maka PHP dapat lebih atraktif kontennya. Tampilan yang digunakanpun akan lebih sedikit dibanding tanpa menggunakan php.

Bagi teman-teman yang pasti tidak asing lagi dengan tag ini <?php dan ?> yang diletakkan diawal dan diakhir. Sebenarnya jika dalam satu halaman tidak ada script lain selai script php maka jika ?> tidak dituliskan maka tidak mengapa. Cara ini sudah diterapkan di CMS wordrpress. Di CMS ini hanya menggunakan PHP pembuka atau <?php di bagian awal saja. Sedangkan dibagian akhirnya tidak ditulis.

Jadi, jika teman-teman lupa menuliskan penutup script php atau ?> maka tidak mengapa jika seluruh script yang ada di file tersebut adalah file bahasa php.

Lalu bagaimana jika tidak semuanya dalah bahasa php. Misalkan ada HTML ataupun Javascript.

Kita tetap harus menuliskannya satu persatu penutup PHP-nya di masing-masing bagian agar script php tidak menimpulkan error. Hal ini dapat terjadi karena script PHP tidak dikirimkan ke user tetapi hanya diolah di server kemudian dikirim.

Semoga bermanfaat ya teman-teman

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More