HTML Event

HTML merupakan bahasa pemrograman no 1 yang wajib dikuasai oleh seorang web programmer, semua bahasa pemrograman (web) baik yang bersifat server side atau client side sangat bergantung pada HTML. Oleh karen itu HTML memiliki banyak attribute yang dapat mendukung dan digunakan sesuai kebutuhan bahasa pemrograman lain, misalnya attr class dan id yang berguna untuk CSS dan Javascript, attr name, method pada form yang dibutuhkan oleh PHP dan lain-lain.

Nah, pada artikel laki ini saya akan membahas tentang HTML event. HTML event merupakan menyediaan beberapa attribute yang digunakan untuk Javascript. Event sendiri merupakan kejadian atau kegiatan kita sebagai user dalam mengoperasikan komputer, misalnya melakukan klik, menggerakan mouse, scroll dan lain-lain.

Untuk apa event? kita dapat memberikan beberapa efek atau animasi saat kita melakukan kegiatan komputer. Misalnya kita membuat program jika klik tombol maka akan keluar alert, atau hal yang lain.

Ada banyak sekali attribute HTML untuk event ini, namun kali saya akan memprekatekan sebagian kecil saja. Oke sekarang silahkan buat dokumen HTML dan kita seperti berikut.

Di dalam tag input terdapat attribute onfocus, merupakan event ketika kita meng-klik input form tersebut untuk mengetik teks. Sedangkan onblur merupakan kebalikan dari onfocus, adalah event ketik kita melakukan klik di luar input.

Setelah itu kita ketikan perintah Javascript berikut.

Di dalam Javascript, kita buat 2 buah function yang di dalamnya terdapat perintah untuk mengeksekusi masing-masing event.

Note: getElementById('id'), merupakan perintah Javascript untuk mendapatkan tag HTML berdasarkan ID.

Jika sudah tinggal kita jalankan pada browser. Cek it out.

Event onfocus

Event onblur

8 Januari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat