Google Memenangkan Kasus Hak Cipta Atas Java

29/05/2016    Reza Indra    1319     Artikel Bebas

Setelah menjalankan sidang selama seminggu, akhirnya dewan pengadilan tinggi di AS memenangkan Google atas kasus pelanggaran hak cipta yang dituduhkan oleh Oracle.

Penggunaan Java pada sistem operasi Android oleh Google tidak bisa diterima oleh penciptanya, yakni Oracle. Oracle penyatakan bahwa Google telah melakukan kesalahan dan pelanggaran hak cipta dalam pengembangan Android dengan Java. Penyebabnya adalah Google dianggap telah menggunakan API Java yang dilindungi dengan istilah "fair use". Itu merupakan API (Application Programming Interface) inti dari Java yang memiliki hak cipta.

Namun pengadilan tinggi berpendapat Google tidak bersalah karena hanya menggunakan sebagian kecil dari API untuk ekosistem Android dan komunitas pemrograman Java. Yang sekaligus untuk pengembang software yang mengandalkan bahasa pemrograman terbuka dan bebas.

Sebelumnya, Oracle menegaskan bahwa Google telah membuat kerugian perusahaan sebesar USD89 miliar. Pihak Oracle masih akan melakukan banding untuk meneruskan permasalahan ini dengan tujuan menghentikan Google dalam mengembangkan Android secara ilegal.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More