Google Docs Dilengkapi Fitur Voice Typing

04/09/2015    Alfiana Irsyada Salma    6431    Artikel Bebas

Raksasa perusahaan terkenal dunia, Google memiliki sebuah fasilitas Google Docs yang didalamnya terdapat fitur canggih yang diberi nama “Voice Typing”.

Fitur baru yang Google miliki kini mampu mendukung 40 jenis bahasa dan pastinya akan sangat membantu kegiatan bekerja sehari-hari, seperti membuat atau mengedit dokumen. Bagaimana cara menggunakan “Voice Typing” pada Google Docs ?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan Voice Typing melalui komputer.

1. Sebelum mengaktifkan Voice Typing, kamu harus pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan mikrofon pada komputer.

2. Selanjutnya, kamu membuka dokumen baru melalui Google Docs.

3. Setelah itu akan muncul dokumen baru, lalu kamu bisa membuka pilihan menu, kemudian pilih tools, maka akan muncul daftar pilihan dimana salah satu fiturnya adalah Voice Typing, kemudian klik atau pilih Voice Typing.

4. Setelah fitur Voice Typing aktif, maka akan muncul sebuah kotak dengan gambar mikrofon. Untuk mulai membuat sebuah tulisan suara, kamu harus menekan gambar mikrofon tersebut dan mulailah untuk berbicara.

5. Hal yang perlu kamu perhatikan saat berbicara yaitu artikulasi dan kejelasan suara, selain itu disarankan untuk berada di tempat yang tenang, guna menghindari suara dari luar yang masuk ke mikrofon sehingga akan mengganggu kinerja Voice Typing.

Salah satu hal yang perlu kamu catat saat bekerja membuat dokumen dengan Voice Typing adalah perintah tanda baca yang harus menggunakan bahasa inggris, diantaranya : Period, Comma, Exclamation, Point, Question Mark, New Line, New Paragraph. Selain itu, bila muncul sebuah pemberitahuan yang menyatakan bahwa Voice Typing tidak dapat mengenali bahasa yang kamu gunakan, maka kamu bisa coba lihat terlebih dahulu untuk melakukan pengaturan bahasa dengan mengakses File lalu sesuaikan bahasa yang akan digunakan pada pilihan Language.

Voice Typing bisa digunakan pada komputer, smartphone, tablet berbasis Android dan iOS.  Penasaran untuk mencoba Voice Typing ? Segera aktifkan Voice Typing di perangkatmu.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow