Google Akuisisi SlickLogin

07/05/2014    Alfiana Irsyada Salma    986     Artikel Bebas

Ketika berbicara mengenai keamanan, Google sedang mencoba sesuatu yang sedikit berbeda. Google memang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang lihai dalam membuat kesepakatan bisnis. Dan kelihaian itu kini kembali terbukti. Google kembali mengakuisisi startup berskala kecil. Namun perusahaan yang dicaplok oleh sang raksasa ini berbeda karena menawarkan otentifikasi password unik. Teknologi buatan SlickLogin yang mampu memikat Google adalah teknologi password generasi baru yang berbasis suara, bukan abjad seperti yang masih lazim digunakan pada saat ini.

SlickLogin, startup yang berbasis di Israel ini resmi mengumumkan menjadi bagian dari keluarga besar Google akhir pekan lalu, seorang sumber terpecaya mengatakan bahwa jumlahnya tidak mencapai puluhan juta dollar AS.

Teknologi SlickLogin diklaim mampu menjadi pengganti metode password tradisional. Selain itu, teknologinya juga dapat dimanfaatkan sebagai aplikasi pendukung otentifikasi dua tingkat untuk mengurangi bahaya “pencurian” data privasi di internet akibat phishing dan penipuan online lainnya.

Teknologi baru inibisa menghilangkan kerepotan mengingat beberapa password. Melalui smartphone otentifikasi akan terbuka dengan menggamit suara yang khas, bahkan tak bisa didengarkan oleh telinga manusia. Sehingga, membuka password pun tak perlu lagi memasukkan kode-kode tertentu.

Contoh mudahnya: ketika Anda ingin login ke sebuah website yang telah terintegrasi dengan SlickLogin, untuk memverifikasi akun yang Anda masukkan, website tersebut akan memainkan sebuah bebunyian unik yang hampir tak terdengar oleh telinga Anda lewat speaker komputer. Sebelum melakukan ini, Anda harus menaruh ponsel Anda yang telah dilengkapi dengan aplikasi SlickLogin ke dekat speaker komputer/laptop untuk memastikan agar suara tersebut bisa ditangkap oleh ponsel.

SlickLogin akan bisa menggunakan sejumlah protokol untuk memverifikasi posisi ponsel Anda; mulai dari WiFi, Bluetooth, NFC, QR code, dan juga GPS. Aplikasi SlickLogin di dalam ponsel Anda kemudian akan menangkap suara tersebut, mengenalinya, menganalisanya, lalu mengirim balik ke server website untuk mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun yang sah. Selanjutnya, Anda bisa login seperti biasa.

Selain SlickLogin, sebelumnya Google juga telah lebih dulu mengakuisisi sejumlah startup asal Israel lainnya, seperti iRows, LabPixies, dan aplikasi navigasi lalu lintas populer, Waze.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More