Foto Selfie Vs Tongsis

19/01/2015    Alfiana Irsyada Salma    1740     Artikel Bebas

Populernya foto selfie dengan menggunakan tongkat narsis atau biasa dikenal dengan tongsis. Kini telah menjadi tenar dikalangan masyarakat luas. Sehingga, mengungkap sebuah rahasia awal munculnya foto selfie dengan menggunakan tongsis. Ternyata foto selfie dengan menggunakan tongsis sudah ada sejak lama, hanya saja baru tenar pada tahun 2014.

Tongsis adalah sebuah alat yang berbentuk tongkat panjang yang salah satu ujungnya dijadikan tempat untuk meletakkan smartphone agar bisa mengambil gambar. Sebenarnya, Foto Selfie pertama kali muncul pada tahun 1839, diambil oleh seorang pelopor fotografi yang bernama Robert Cornelius. Sementara itu, awal munculnya tongsis dalam foto selfie dikenalkan oleh Arnold dan Helen Hogg pada tahun 1925. Pada foto diatas terlihat Arnold menggunakan alat yang mirip dengan tongsis untuk melepaskan shutter.

Sedangkan tongsis sendiri ternyata pernah dipatenkan dan dipasarkan oleh seorang penemu yang bernama Wayne Fromm pada tahun 2006. Beliau menyadari bahwa sulitnya mengambil foto diri sendiri ketika sedang berjalan-jalan, kemudian beliau melihat peluang bisnis dari hal tersebut. Tongkat penemuannya tersebut diberi nama “Quick Pod” dan tongkat tersebut kurang banyak diminati. Karena, pada tahun 2006 smartphone belum begitu marak dipasaran.

Setelah itu, Wayne Fromm merasa produk buatannya telah dijiplak oleh pabrik tongsis asal Tiongkok yang bisa menuai sukses besar beberapa tahun setelahnya, pada saat era kejayaan smartphone. Namun, ternyata Wayne Fromm bukanlah orang pertama yang menemukan tongsis.

Lebih dari satu dekade sebelum Wayne Fromm ada yang mematenkan idenya, dan tongsis sudah ada dalam sebuah buku terbitan tahun 1995. Buku tersebut berjudul “UNuseless Japanese Invention” ditemukan di Negeri Sakura, Jepang yang dinilai tidak berguna. Karena, pada waktu itu masyarakat memandang tongsis sebagai barang aneh dan tidak penting.

Mungkin bagi masyarakat pra-smartphone menganggap tongsis asing dan aneh, namun dorongan untuk mengambil foto selfie sudah lama terjadi dan dialami oleh manusia, sudah lebih dari serratus tahun yang lalu, setelah kemunculan fotografi. Ternyata foto selfie dan tongsis saling terkait satu sama lain dan memiliki sejarah panjang. Hingga kini tongsis menjadi tidak asing dan bukan lagi suatu barang yang aneh dikalangan masyarakat luas.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More