Filter Kata-kata yang diinput dengan PHP

Halo teman-teman setia blog DUMET School. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat suatu validasi atau lebih tepatnya filter kata-kata dengan menggunakan PHP. Filter ini berfungsi untung menyaring kata-kata yang tidak boleh diinputkan pada form. Contoh ada user yang iseng input kata-kata kasar atau kotor, kita dapat lakukan filter sehingga tidak tersimpan ke dalam database kita. Tentunya pasti sangat mengganggu jika di website kita terdapat kata-kata kasar atau yang berkonotasi negatif. Untuk mencegah hal seperti itu, kita lakukan filter terhadap form inputan kita.

Oke langsung mulai saja ya, pertama saya akan membuat file dengan nama index.php dan berikut baris programnya :

Perhatikan pada bagian action=”validation.php”, proses tersebut mengarah kepada suatu file dengan nama validation.php, maka kita akan membuat file baru dengan nama validation.php. Berikut baris programnya :

Perhatikan pada baris ke 12, terdapat variabel bernama $filter yang berisi kata-kata yang akan di filter oleh program kita. Teman-teman bisa sesuaikan dengan kemauan teman-teman ya.

Oke berarti kita mempunyai 2 file yaitu index.php dan validation.php ya. Dan coba dijalankan pada browser. Dan ingat, teman-teman harus menyimpan file tersebut di dalam folder xampp/htdocs dan buat folder baru di dalamnya. XAMPPnya harus running apachenya ya.

Demikian sedikit tutorial dari saya, semoga bisa menginpsirasi teman-teman ya. Tetap semangat dan belajar. Terima kasih dan happy coding.

16 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat