Dampak Positif - Game Cut The Rope

Banyak orang yang beranggapan bahwa bermain game memiliki banyak dampak buruknya. Padahal tidak semua game seperti itu, banyak game yang justru bisa mendidik anak-anak dan bisa membuat kesehatan otak. Game adalah sebuah permainan yang menggunakan media elektronik atau sebuah hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game juga merupakan salah satu sarana pembelajaran.

Game dianggap berdampak buruk bila seorang pemain terlalu sering memainkannya hingga lupa waktu menghabiskan puluhan jam untuk fokus bermain. Bila pemain game terlalu fokus bermain game, lama duduk didepan TV atau monitor dapat menyebabkan kematian. Namun, bila kita bisa membagi waktu yang tepat untuk bermain game akan bagus untuk kesehatan otak.

Para peneliti dari Nanyang Technological University [NTU] di Singapura menemukan sebuah bukti bahwa ada beberapa game yang memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir secara mandiri. Hasil penelitian dari jurnal “Computers in Human Behavior” mengevaluasi beberapa game dan menemukan keterkaitan antara game aksi dengan perhatian dan keterampilan visual serta persepsi seseorang.

NTU menguji penelitiannya kepada 52 mahasiswa NTU [non-gamer] dengan menggunakan game yang populer, diantaranya Modern Combat, Fruit Ninja, StarFront Collision, dan Cut the Rope. Peserta dibagi menjadi kelompok berdasarkan game dan peserta diminta untuk bermain game tersebut diberikan durasi selama satu jam per-hari, lima hari per-minggu, dan selama satu bulan.

Game yang berada diurutan paling atas adalah game Cut the Rope, karena game tersebut mampu meningkatkan fungsi eksekutif otak yang bertanggung jawab dalam fungsi mengingat, pengambilan keputusan, perencanaan, dan penyelesaian masalah. Sementara game yang lainnya menunjukan tidak memiliki pengaruh apa-apa. Setelah bermain Cut the Rope selama 20 jam. Kelompok mahasiswa tersebut mampu berkonsentrasi 60% lebih baik dan mampu beradaptasi pada situasi baru dengan lebih baik. Kamu sudah bisa mendownload gamenya. Yuk simak video Cut the Rope.

25 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat