Dampak Jika Semua Benda Terhubung Ke Internet

Sekarang ini semua perangkat terhubung dengan internet atau biasa kita kenal dengan istilah “Internet of Things”. Apakah kalian tahu maksud diadakannya Internet of Things dan dampak dari Internet of Things?

Internet of Things [IoT] sebenarnya belum memiliki definisi resmi, karena memang saat ini para peneliti masih mengkaji, meneliti serta memikirkan segala macam kemungkinan untuk mengembangkannya. Namun, ada beberapa definisi alternatif yang dapat menjelaskan pengertiannya.

Internet of Things [IoT] memiliki beberapa pengertian diantaranya yakni, sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Internet of Things juga mengacu pada benda yang dapat di identifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis internet. Pengertian tersebut pertama kali disampaikan oleh Kevin Asthon pada tahun 1999.

Pengaplikasian IoT dalam teknologi untuk kehidupan sehari-hari kabarnya akan menguntungkan manusia. Salah satu contohnya adalah kafe kopi terkenal di Indonesia, Starbucks dalam beberapa tahun ke depan kabarnya Starbucks berencana untuk menghubungkan kulkas dan mesin kopi milik mereka dengan teknologi IoT. Sehingga, mereka bisa meningkatkan pelayanan dengan mengetahui apa saja yang konsumen sukai. Selain itu, nantinya bisa memprediksikan kebutuhan stok barang seperti kopi dan yang lainnya, serta bisa menghasilkan manfaat yang lainnya hingga akhirnya efisiensi dan akan mendapatkan keuntungan yang meningkat.

Namun, menurut peneliti dari Kaspersky, Iot memiliki dampak negatif yang cukup mengancam. Karena nantinya produk-produk itu akan secara otomatis terhubung dengan internet, sehingga sangat mungkin pula mendapatkan serangan semacam virus atau peretasan.

Peneliti juga menjelaskan mengenai TV pintar [smart TV] yang merupakan salah satu sarana paling empuk bagi hacker untuk memata-matai seseorang. Hacker dapat mengirim serangan pada piranti tersebut yang biasa dikenal dengan sebutan “Cryptolocker”. Dengan serangan tersebut mereka akan dapat membajak TV, kemudian menampilkan pesan tidak jelas. Sehingga pengguna harus rela mengeluarkan uang untuk memperbaikinya.

Selain itu, peneliti juga mengungkapkan SmartWatch biasanya memiliki aplikasi untuk menyimpan data kesehatan penggunanya. Nah, sumber data kesehatan tersebut dapat saja disalahgunakan demi kepentingan tidak jelas oleh penjahat cyber. Jadi, kita harus berhati-hati nantinya dalam menggunakan Internet of Things karena jika kita salah menggunakan bisa berdampak negatif dan pastinya merugikan banyak pihak.

21 Januari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat