Color Mode pada Photoshop

09/06/2016    Raditya Noveraldo    38663     Desain

Pada pemakaian Photoshop terdapat beberapa Color Mode yang bisa digunakan. Color Mode di Photoshop selain berpengaruh pada hasil akhir sebuah desain kita, Color Mode yang digunakan tersebut akan mempengaruhi jumlah channel, ukuran file image tersebut dan hasil cetak dari file image tersebut.

Pada Photoshop saat penggunaanya kita dapat mengkonversikan suatu Color Mode ke Color Mode yang lain (Pada menu Image >Mode > [mode yang diinginkan] ). Karena, pada color mode tertentu diphotoshop terdapat adjusment atau efek yang tidak aktif. Terdapat berbagai Color Mode pada photoshop yang dapat digunakan untuk membuat atau melakukan editing image, yaitu:
- RGB Color mode
- CMYK Color mode
- Lab Color mode
- Bitmap mode
- Grayscale mode
- Indexed Color mode



Disini saya akan membahas beberapa Color Mode dalam Photoshop.


RGB Color Mode

Color Mode RGB terdiri dari tiga intensitas warna yaitu
• merah (Red)
• hijau (Green)
• biru (Blue)
yang masing-masingnya bernilai antara 0 (hitam/gelap) hingga 255 (putih/terang). Model RGB ini yang umum digunakan pada layar monitor komputer untuk menampilkan warna, Apabila ketiga intensitas tersebut memiliki nilai yang sama, maka akan menghasilkan warna abu-abu dengan tingkat intensitas tertentu (antara putih terang hingga hitam gelap), biasanya Color Mode ini digunakan untuk File Image yang hanya dapat dilihat dari media Digital saja (tidak dicetak)


CMYK Color Mode

Mode warna ini terdiri dari empat persentase warna tinta, yaitu
• Biru Muda (Cyan)
• Merah agak Ungu (Magenta)
• Kuning (Yellow)
• Hitam (Black)
Seperti halnya penggunaan tinta pada mesin cetak/printer, semakin banyak tinta digunakan, hasil cetak akan semakin pekat. Semakin kecil nilai persentase C, M, Y, K, hasilnya akan semakin transparan (tergantung warna latar). Sebaliknya semakin tinggi nilai persentasenya, warna menjadi semakin gelap. Color Mode CMYK cocok digunakan apabila image ingin dicetak, biasanya warna CMYK dilihat pada monitor agak lebih pudar.

 

Lab Color Mode

Mode warna ini memiliki tiga komponen, yaitu

• kecerahan (Lightness)

• komponen a (warna dengan range hijau hingga merah),

• komponen b (warna dengan range biru hingga kuning)

Nilai kecerahan (Lightness) berada antara 0 hingga 100, sedangkan nilai komponen a dan b berada dalam range -128 hingga 127, atau antara -120 hingga 120 pada color palette. Color mode ini adalah warna yang didasarkan pada penglihatan manusia dan memiliki nilai-nilai numerik.

 

Grayscale Mode

Mode grayscale terdiri dari 256 derajat keabu-abuan, dimulai dari 0 (hitam) hingga 255 (putih). Nilai ini juga bisa diukur dengan ibarat persentase penggunaan tinta warna hitam (0% berarti tanpa warna/putih, 100% berarti hitam pekat).

 

Bitmap Color Mode

Pada Color Mode ini hanya menyimpan informasi 1 bit. Dengan kata lain, mode warna ini hanya menyimpan informasi dua warna saja. Warna yang akan ditampilkan adalah warna hitam dan putih. Jadi ketika Anda mengkonfersi gambar ke dalam Color Mode ini maka warna yang terang (dekat dengan putih) akan berubah menjadi putih sedangkan warna yang mendekati hitam akan berubah menjadi hitam. Mode warna ini berguna untuk membuat halftone screen pada saat akan mencetak gambar tersebut (umumnya untuk sablon). Resolusi gambar serta jenis dan tekstur halftone screen dapat diatur sesuai kebutuhan.

 

Indexed Color Mode

Color Mode ini biasa digunakan untuk keperluan electric web publishing (web, animasi, dan multimedia). Hal ini disebabkan karena pada mode warna ini akan dikompres menjadi hanya 256 warna atau dalam jumlah yang Anda inginkan sehingga ukuran file menjadi kecil (mengalami penyusutan). Ketika mengkonversi gambar dari mode warna lain ke mode warna Indexed maka Adobe Photoshop akan membuat CLUT (Color Look Up Table). CLUT berisi beberapa warna yang dominan pada gambar Anda dan berjumlah sampai 256. Warna yang ke 257 dan seterusnya akan digabungkan ke warna yang terdekat yang masuk dalam daftar 256 warna.

 

Gimana, mudah bukan untuk tutorial kali ini? tetap nantikan tutorial-tutorial selanjutnya di DumetSchool. semoga tutorial kali ini dapat membantu dan menambah pengetahuan seputar photoshop. terimakasih dan semoga bermanfaat :)

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More