Cara melihat error javascript pada firefox

Terkadang ada teman saya yang beranggapan belajar javascript itu susah. Karena katanya kalo ada error gak bisa ketahuan. Kata siapa ??

Pada artikel kali ini saya akan share bagaimana mengecek script javascript atau jquery yang error atau tidak berjalan dengan semestinya. Berbeda dengan PHP yang pesan errornya langsung tampil di layar browser. Tapi javascript errornya akan tampil pada bagian console pada browser. Pada kasus ini saya akan menggunakan mozilla firefox. Caranya sebagai berikut :

1.       Teman-teman download add-ons firebug dan install pada browser firefox teman-teman.

2.       Lalu kemudian klik gambar kumbang seperti gambar dibawah

3.       Maka akan muncul window firebug dibawahnya. Lalu klik console kemudian refresh, kita akan melihat seperti gambar di bawah ini :

 

Teman-teman lihat errornya di tab console. Disana ada pesan errornya dan tulisan biru disebelah kirinya adalah nama file dan line berapa.

Sekarang jadi gak ada alasan susah lagi kan ? karena kita sudah dapat mengetahui erornya jika script javascript kita tidak berfungsi.

30 Mei 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat