Cara Untuk Lindungi Data Rahasia

14/09/2015    Alfiana Irsyada Salma    1290     Artikel Bebas

Bermacam-macam cara akan dilakukan untuk mengamankan data-data penting yang kita miliki dalam sebuah perangkat. Pada umumnya pengamanan data dilakukan dengan enkripsi, tapi cara ini juga masih rawan dari pembobolan.

Hasil penelitian dari perusahaan riset Xerox PARC telah menghadirkan sebuah teknologi yang menawarkan cara baru untuk mengamankan data penting dan rahasia.

Insinyur dari perusahaan Xerox PARC mengembangkan chip komputer yang bisa meledakkan diri sendiri. Cara tersebut menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk masa depan dalam hal keamanan data. Dengan cara menghancurkan chip, data akan menjadi aman.

Dalam demonstrasi di laboratorium pusat riset militer Amerika Serikat [DARPA], chip tersebut bisa meledak berkeping-keping setelah mendapatkan sebuah stimulasi laser.

Untuk menghancurkan chip secara mandiri, insinyur menempatkan chip tersebut dalam sebuah wadah yang terbuat dari bahan Gorilla Glass, material kaca yang sudah populer digunakan pada perangkat mobile. Ilmuwan senior PARC di Palo Alto, California mengatakan “Kami mengambil kaca dan kami mengeraskan pertukaran ion dalam kaca itu untuk membangun tekanan”.

Skema tersebut bisa menekan ruang dalam wadah kaca Gorilla Glass dan dengan mudah memecah chip saat dipicu dengan laser.

Peneliti mengatakan bahwa di masa depan chip ini tidak bisa pecah berkeping-keping melalui pemicu laser saja, chip ini nantinya bisa dipecahkan dengan sinyal radio atau benda fisik lainnya. Bila chip ini sudah hancur, maka tidak akan bisa diperbaiki kembali.

Penerapan skema ini menarik untuk keamanan dana dan sesuatu yang seperti ini. Para peneliti ingin benar-benar memunculkan sebuah sistem yang sangat cepat dan kompatibel dengan perangkat elektronik komersial.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More