Cara Sederhana Mengembalikan File Yang Hilang

Pernahkah kamu mengalami kejadian file atau data penting dalam komputer atau laptop hilang secara sengaja maupun tidak disengaja? Pasti pernah mengalami hal tersebut. Lantas bagaimana cara kalian mengembalikan file tersebut? Bagi kalian yang belum mengetahui cara mengembalikan data yang hilang berikut ini akan dijelaskan cara sederhana mengembalikan file yang hilang.

Keberuntungan bagi kalian yang sudah menghapus file adalah ketika file tersebut masuk ke dalam Recycle Bin dan file yang terhapus dapat segera dikembalikan, akan tetapi kemungkinan terburuknya ialah file sudah hilang dan tidak ada lagi di Recycle Bin. Dahulu, pada zaman MS-DOS berjaya kalian bisa dengan mudah menggunakan perintah “Undelete” untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Namun, untuk sekarang ini tidak semudah itu, terkadang ada beberapa data yang tidak sengaja terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Kemudian, pada saat Windows 98 dan Windows XP populer tools yang terkenal untuk mengembalikan file yang hilang ialah Norton Utillities, tapi sekarang ini ada salah satu tool yang berguna untuk mengembalikan file dengan mudah ialah dengan menggunakan Recuva dari Piriform. Program Recuva disediakan secara gratis, mudah pemakaiannya, kompatibel dengan semua versi Windows, dan dapat mengembalikan file yang terdelete dari hardisk, flashdisk, MMC, SD Card, Disket, dan sejenisnya. Untuk mengunduh program Recuva kalian bisa mendownload program tersebut di situs Recuva. Sebelum mengunduh program Recuva alangkah baiknya kalian mengenal terlebih dahulu software Recuva.

  • Software Recuva dapat mengembalikan file yang terhapus dari media dengan format partisi NTFS, FAT 32, dan FAT 16. Namun, tidak mendukung format partisi Linux (ext3 dan ext4).
  • Mampu mengembalikan atau restore file yang sudah terhapus di Recycle Bin, delete manual dengan Shift + Del, file yang terhapus otomatis oleh program (contoh program uninstall), data yang hilang karena kerusakan hardisk atau flashdisk, dan juga data yang terhapus di drive network.
  • Untuk memperbesar rasio keberhasilan mengembalikan file yang terhapus atau di delete, sesegera mungkin restore file yang terhapus karena semakin lama jangka waktunya besar kemungkinan file tersebut sudah tertimpa oleh file lain dan tidak dapat di restore.

Setelah kalian mengenal software Recuva kini saatnya mengetahui cara sederhana mengembalikan file yang hilang dengan menggunakan software Recuva.

Pertama, jalankan aplikasi Recuva setelah menginstallnya dari Start Menu – Programs – Recuva.

Kedua, pilih drive dimana file kalian sudah di delete, kemudian klik tombol Scan, tunggulah sampai proses pencarian file selesai.

Ketiga, pilih file yang ingin di restore dan klik tombol restore. Sebelum kalian restore periksa terlebih dahulu status file tersebut, untuk warna Hijau (Excellent) menandakan file tersebut dapat dikembalikan tanpa masalah, untuk warna Kuning (Poor) menandakan ada beberapa Cluster file yang sudah tertimpa dengan file lainnya, dan untuk warna Merah (Unrecoverable) menandakan file sudah tertimpa dengan file lain dan tidak bisa untuk dikembalikan.

Keempat, pilih lokasi file yang akan disimpan, sebaiknya pilih lokasi drive lain untuk menjamin keutuhan data.

Kelima, bila sudah berhasil maka kalian akan mendapatkan notifikasi (pemberitahuan) bahwa file sudah di restore ke lokasi yang telah kalian tentukan sebelumnya.

Bagaimana teman – teman cara sederhana mengembalikan file yang hilang mudah untuk kalian terapkan, bukan? Jadi, sekarang tidak perlu khawatir lagi mengenai file yang tanpa sengaja hilang karena kalian bisa sesegera mungkin mengembalikannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

10 Oktober 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat