Cara Rendering Video pada Premiere Pro Menggunakan Adobe Encoder

08/09/2015    Bartholo Bush Sawa    191984     Desain

Halo teman-teman Dumet School... Dalam tutorial kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara kita untuk merender atau video yang sudah kita edit menggunakan Adobe Premiere Pro. Rendering merupakan sebuah Proses dimana kita akan mengubah file editing video yang sudah kita buat, menjadi sebuah bentuk file video yang bisa kita buka dengan menggunakan video Player.

Rendering pada Adobe Premiere Pro mungkin sedikit akan sulit kita lakukan terutama bagi para pemula, karena sangat banyak istilah yang tidak kita mengeri. Nah, tetapi buat teman-teman semuya, gak pertu takut, karena Adobe sudah dari awal menyiapkan sebuah Aplikasi untuk mempermudah dalam proses render dari Adobe Premiere.

Namanya adalah Adobe Encoder. Adobe Encoder mempermudah kita dalam menentukan hasil rendering atau format video yang kita inginkan. Semua settingan yang kita inginkan sudah ada di dalam Adobe Encoder, tinggal kita pilih saja sesuai dengan keinginan kita. Settingan tersebut, tinggal kita terapkan pada file editing yang ingin kita render, sehingga kita tidak perlu lagi mengatur settingan-settingan video yang tidak kita mengerti apa saja fungsi-fungsinya.

Untuk bisa merender menggunakan Adobe Encoder, teman-teman harus pastikan dulu apakah Adobe Encoder sudah terinstall pada komputer. Biasanya Adobe Encoder pasti akan kita dapatkan pada paket Install Adobe Master Collection. Jika belum ada, teman-teman bisa download dulu Adobe Encodernya di Internet.

Berikut ini, akan saya ajarkan langkah-langkah merender dari Adobe Premiere Pro, dengan menggunakan Adobe Encoder. Langsung saja disimak yah teman-teman....

Langkah pertama adalah, pastikan dulu semua editing sudah kita selesaikan, dan video yang sudah kita edit sudah siap di render. Kemudian, teman-teman klik File > Export pada Adobe Premiere.

Cara Rendering Video pada Premiere Pro Menggunakan Adobe Encoder



Nah, akan keluar sebuah window, dimana kita bisa mengatur pengaturan untuk rendering yang kita inginkan. tetapi tidak perlu teman-teman hiraukan, teman-teman tinggalkan saja, langsung klik pada bagian bawah yaitu "Queue".

Cara Rendering Video pada Premiere Pro Menggunakan Adobe Encoder



Kita akan dibawa ke window dimana akan terbuka sebuah aplikasi baru yang dinamakan Adobe Encoder, yang merupakan aplikasi yang terpisah dari Adobe Premiere Pro. Tinggal teman-teman ikutin caranya :

Cara Rendering Video pada Premiere Pro Menggunakan Adobe Encoder


1. Pilih format video yang teman-teman inginkan. Misalnya biar tidak pusing dan hasilnya sudah pasti baik, saya pilih untuk Web Video.
2. Kemudian pilih Youtube.
3. Kemudian saya memilih Youtube 720HD yang mempunyai resolusi 1280x720. Untuk kualitas atau resolusi video, bisa teman-teman pilih selain yang 720HD, karena ada juga yang 1080HD dengan resolusi 1920x1080 (disesuaikan dengan format video aslinya)
4. Drag settingan yang sudah teman-teman pilih pada bagian kanan, kebagian kiri, atau bagian video kita dengan klik pada mouse kemudian tarik ke bagian yang ditujukan pada nomor 4. Settingan nya akan berubah menjadi seperti gambar, yaitu H.264 Youtube 720 HD.
5. Setelah itu, tinggal di Start saja renderingnya. Tunggu hingga selesai, dan silahkan dilihat hasilnya.

Itu tadi tutorial tentang Cara Rendering Video pada Premiere Pro Menggunakan Adobe Encoder. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat buat teman-teman semua. Sampai jumpa di tutorial dan artikel lainnya, dan teruslah berkarya.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More