Cara Pemanggilan Function Dalam JavaScript

30/10/2016    Reza Indra    4793     Website

Dalam JavaScript, Function dapat berperan sebagai sebuah Object, dimana memiliki method dan property, seperti Function.arguments, Function.length, Function.call() atau Function.apply(). Dalam artikel kali ini saya akan membahas 4 cara memanggilan fuction (Invocation Function).

Ada 4 cara memanggilan fuction, yaitu: dipanggil sebagai function biasa, dipanggil sebagai method, dipanggil sebagai function constructor dan dipanggil dengan method function (Call dan Apply).

1. Function dipanggil sebagai function biasa

Pemanggilan ini adalah memanggil sebuah function pada umumnya, dengan menyebut nama functionnya.

2. Function dipanggil sebagai method

JavaScript adalah bahasa yang sangat fleksibel, kita bisa menyimpan function dalam variable atau object. Untuk memanggil function dalam sebuah object (sebagai method), caranya seperti di bawah ini.

3. Function dipanggil sebagai constructor

Dalam konsep Object, constructor adalah sebuah method yang paling pertama dan akan selalu dijalankan saat object dipanggil. Sebuah function dapat dipanggil layaknya sebuah constructor.

4. Function dipanggil disertai method function (Call, Apply atau Bind)

Call, Apply dan Bind adalah beberapa method yang dimiliki oleh function, yang berfungsi untuk memanggil sebuah function disertai argument, argument pertama adalah nama object yang akan diikat dan argument kedua dan seterusnya adalah data yang dimasukan ke dalam function.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More