Cara Mudah Promosi Bisnis Menggunakan Facebook PartI

Media sosial sekarang ini semakin banyak digemari masyarakat, bukan hanya sebagai hiburan dan bertukar informasi saja, melainkan bisa juga sebagai bisnis. Kini semakin banyak perusahaan yang mempromosikan bisnis mereka melalui media sosial, bagi mereka banyak peluang untuk sukses di dunia maya. Salah satunya media sosial yang menjadi sarana bisnis ialah Facebook yang merupakan media sosial paling efektif untuk mendapatkan lebih banyak calon pelanggan baru. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara mudah promosi bisnis menggunakan Facebook.

Jumlah pengguna aktif Facebook hingga saat ini sudah hampir lebih dari 1 miliar jiwa di seluruh dunia. Khususnya pengguna Facebook di Indonesia yang paling banyak pengguna aktif. Dengan potensi yang begitu besar sehingga menjadi peluang besar pula untuk para pemilik bisnis untuk mempromosikan usahanya melalui media sosial. Facebook menawarkan beberapa fitur bisnis online maupun offline untuk membantu pengguna Facebook dalam mempromosikan bisnis mereka agar lebih mudah laku dan dikenal banyak orang. Berikut ini cara memanfaatkan fitur – fitur bisnis di Facebook.

Pertama, Facebook Pages.

Facebook Pages atau dikenal dengan Facebook Fanpage merupakan salah satu fitur dari Facebook yang menyediakan wadah untuk para pebisnis yang ingin memperkenalkan atau meningkatkan popularitas produk yang mereka jual. Produknya bisa bermacam – macam jenis misalnya E-book, Kursus, Baju, dan masih banyak lagi. Facebook Pages memiliki manfaat dan fungsi yang penting bagi para pemilik bisnis, berikut ini cara membuat Facebook Pages atau Facebook Fanpage khusus untuk promosi.

  • Log In ke akun Facebook Anda
  • Buka halaman “Facebook Create Page”
  • Setelah itu, silahkan pilih kategori yang mewakili bisnis Anda
  • Kemudian, isi semua data yang diminta, seperti deskripsi singkat dan url Fanpage
  • Jika sudah membuat Fanpage kalian bisa mempelajari hal selanjutnya, yakni mempelajari cara mendapatkan banyak Like dan memunculkan efek viralitas tanpa auto like.

Kedua, Facebook Group.

Facebook Group adalah salah satu fitur dari Facebook yang di khususkan untuk membuat forum diskusi di Facebook. Jika kalian sebagai admin, kalian bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan group tersebut, mulai dari mengatur gambar, cover, mengubah deskripsi, dan kalian juga bisa melakukan pinned pada post yang dianggap penting. Fitur pinned inilah yang menjadi kunci promosi di Facebook Group, berikut ini cara membuat Facebook Group.

  • Buat Group dengan nama komunitas seperti “Komunitas Komputer, Komunitas Photography, dll”
  • Buat post baru di Facebook Group tersebut
  • Isi post tersebut dengan aturan, kemudian sisipkan informasi terkait produk yang kalian ingin promosikan
  • Pada bagian pojok atas post, klik tombol “Pinned Post”
  • Setelah itu, secara otomatis post akan berada dibagian teratas, jadi jika ada orang yang bergabung dengan group tersebut, maka secara otomatis dia akan bisa langsung melihat post atau status promosi tersebut.

Ketiga, Facebook Graph Search.

Facebook Graph Search adalah fitur terbaru dari Facebook yang berfungsi untuk membantu para penggunanya dalam mencari informasi yang mereka inginkan. Dengan fitur Facebook Graph Search pengguna bisa mencari beberapa hal seperti Post, Halaman, Acara, Aplikasi, Grup, dan Tempat. Jadi, Facebook Graph Search merupakan pengembangan dari fitur pencarian Facebook terdahulu. Namun, jika kalian ingin menggunakan fitur Facebook Graph Search kalian harus mengakses melalui www.facebook.com dan mtouch.facebook.com jadi untuk pengguna mbasic.facebook.com mohon maaf masih belum bisa menggunakan Facebook Graph Search.

Untuk fitur – fitur lainnya yang bisa menarik pengunjung melalui media sosial bisa kalian baca pada artikel selanjutnya di cara mudah promosi bisnis menggunakan Facebook Part II. Semoga bermanfaat

28 Oktober 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat