Cara Mudah Merawat Flashdisk Yang Benar

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai cara mudah memilih flashdisk yang benar, selanjutnya kalian harus mengetahui cara mudah merawat flashdisk yang benar agar flashdisk bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan tidak mudah rusak. Seperti halnya manusia, flashdisk juga perlu dirawat agar tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam merawat flashdisk.

Jauhkan Dari Barang Elektronik

Pada umumnya, barang – barang elektronik memiliki sifat magnet yang kuat. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja flashdisk. Oleh karena itu, sebaiknya simpanlah flashdisk di tempat yang jauh dari perangkat elektronik, agar flashdisk dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

Budayakan Eject

Melakukan eject sebelum mencabut flashdisk pada komputer atau laptop jarang sekali dilakukan sebagian pengguna flashdisk, biasanya setelah meng-copy data para pengguna langsung mencabut flashdisk tanpa dieject hal tersebut dapat membahayakan data didalamnya. Sebaiknya biasakan eject dahulu sebelum mencabut flashdisk.

Scan Virus

Cara mudah merawat flashdisk yang benar selanjutnya ialah Scan Virus. Internet itu tidak selalu aman, banyak konten atau iklan yang mengandung virus dan bisa membahayakan komputer, laptop, bahkan flashdisk. Virus bisa masuk dengan mudah ke dalam komputer kita, oleh karena itu kalian harus menghindarinya. Untuk menghindari kerusakan flashdisk akibat virus, sebaiknya kalian melakukan scan secara berkala terhadap flashdisk.

Selalu Menutup Flashdisk

Tahukah kamu bahwa port flashdisk sangat rentan terhadap gangguan debu. Komponen pada flashdisk jika terkena debu dapat merusak sistem flashdisk bahkan bisa tidak digunakan kembali. Oleh karena itu, sebaiknya kalian selalu menutup flashdisk setelah selesai menggunakan.

Mengatasi Corrupt Pada Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu barang elektronik yang bisa mengalami kerusakkan seperti corrupt, error, atau tidak mudah dibaca. Jika kalian mengalami masalah seperti itu, sebaiknya ikuti solusi berikut ini:

  • Gunakan Windows Check Disk. Cara pertama ini bisa kalian gunakan saat flashdisk tidak terbaca di komputer. Setelah flashdisk terhubung dengan komputer, kalian buka windows eksplorer, kemudian klik kanan pada flashdisk dan pilih Properties – Tools – Check Now. Setelah itu centang pada kotak opsi Recovery of Bad Sectors dan Automatically Fix File System Errors, tunggu hingga proses selesai.
  • Gunakan CMD. Cara kedua ini bisa digunakan jika flashdisk tidak terbaca, namun kalian harus merelakan seluruh data dalam flashdisk hilang ter-format. Caranya, buka CMD seperti biasa, pasang flashdisk yang rusak pada port USB, kemudian klik Format H:/FS:FAT kemudian Enter. Huruf H mengacu pada lokasi flashdisk berada. Jika pada komputer kalian flashdisk terbaca F maka ganti huruf H tersebut menjadi F.
  • Gunakan Computer Management. Cara ketiga ini bisa menghapus semua data juga, data pada flashdisk akan ter-format. Caranya, pasangkan flashdisk pada port USB, masuk ke menu Run kemudian ketik Compmgmt.msc lalu Enter. Setelah itu, klik pada Storage lalu pilih Disk Management. Jika flashdisk berhasil dideteksi disini, langsung klik kanan pilih Create Partition, kemudian klik kanan, dan pilih format.

Sebagian besar jika kalian ingin menyembuhkan flashdisk pasti harus melakukan format, oleh karena itu alangkah baiknya terlebih dahulu kalian melakukan Backup File secara berkala untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu terjadi kerusakan pada flashdisk yang kalian miliki. Jadi teman – teman jangan lupa ikuti langkah – langkah cara mudah merawat flashdisk yang benar, selamat mencoba.

16 Desember 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat