Cara Mudah Menghemat Tinta Printer

Bagi kalian yang sering mencetak dokumen menggunakan printer Ink Jet, yaitu jenis printer yang menggunakan tinta cair, sebaiknya kalian lebih berhemat lagi dan perhatikan jenis font yang akan digunakan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mudah menghemat tinta printer.

Salah seorang pengamat, Patrick Austin pada situs Consumer Report mengatakan bahwa Font Arial paling boros tinta karena banyak menyerap tinta printer dan tidak efisien. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa 27% tinta lebih awet saat menggunakan font Times New Roman jika dibandingkan dengan font Arial.

Kalian harus lebih menghemat tinta dengan memperhatikan jenis font yang kalian gunakan, disarankan untuk menggunakan font Times New Roman, Calibri, Century Gothic, dan Ecofont. Jenis font Ecofont sudah dirancang khusus untuk menghemat konsumsi tinta sebaik mungkin dan tetap mempertahankan kualitas pembacaan yang jelas. Berikut ini cara mudah menghemat tinta printer:

Pertama, Ubah Jenis Font. Jika kalian ingin mencetak dokumen tidak untuk kebutuhan resmi atau dalam keadaan terpaksa, sebaiknya gunakanlah jenis – jenis font yang sudah direkomendasikan tadi agar menghemat tinta printer. Jangan sampai kalian mengeluarkan anggaran banyak untuk kebutuhan cetak – mencetak.

Kedua, Print Dalam Mode Black And White. Jika bukan untuk kebutuhan resmi kalian bisa mengatur mode cetak dalam keadaan Black and White atau biasa dikenal dengan Grayscale. Kalian bisa mengubah pengaturan default menjadi hitam – putih, hal tersebut dapat menghemat anggaran tinta.

Ketiga, Menghapus Bagian Yang Tidak Diperlukan. Jika kalian ingin mencetak dokumen dari halaman website, biasanya akan ada teks atau gambar yang tidak diinginkan. Hal tersebut akan membuat boros tinta, biasanya beberapa situs menawarkan versi cetak Print Friendly, yang memungkinkan proses pencetakkan hanya pada bagian – bagian yang diperlukan saja. Namun, jika fitur tersebut tidak ada, kalian bisa menggunakan layanan seperti Instapaper, Clean Print, atau Print Friendly yang bisa memformat suatu halaman menjadi lebih hemat tinta dan kertas.

Keempat, Gunakan Draft Mode. Biasanya untuk mencetak dokumen biasa, kalian bisa menggunakan Mode Draft sehingga proses percetakan lebih cepat dan menghemat tinta.

Kelima, Upgrade Printer. Cara berikut ini merupakan cara terakhir, jika kalian sering menangani percetakan dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya, kalian upgrade kualitas printer yang lebih bagus agar tidak sering mengalami masalah kerusakan printer atau sering ganti spare part yang rusak. Selain itu, kalian bisa meminta orang yang lebih berpengalaman upgrade printer yang lebih baik.

Cara mudah menghemat tinta printer bisa kalian lakukan segera mungkin agar bisa hemat biaya mencetak. Selamat mencoba

22 Maret 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Seminar Java April 2024 di DUMET School
chat