Cara Mudah Mengetahui Smartphone Android Terkena Virus

Virus merupakan suatu hal yang selalu bermakna negative, banyak orang yang tidak ingin terjangkit virus. Jika manusia terjangkit suatu virus pasti mengetahui gejala – gejala yang terjadi, nah bagaimana dengan smartphone Androidmu jika terkena virus? Tahukah kamu cara mengetahui smartphone Android terkena virus? Berikut ini ada beberapa cara mudah mengetahui smartphone Android terkena virus.

Pertama, Performa Android Menurun. Virus memiliki berbagai macam jenis, salah satunya virus dapat menurunkan performa Android. Hal tersebut terjadi karena virus menyerang sistem dan tanpa sepengetahuan pengguna virus telah membuat banyak program tak berguna dan berjalan secara otomatis di background sehingga memerlukan banyak RAM yang dipakai untuk menjalankan program tersebut dan akhirnya performa Android menurun secara perlahan – lahan. Jadi, para pengguna harus lebih teliti menggunakan smartphone periksa baik – baik kinerja smartphone.

Kedua, Baterai Lebih Boros. Hal ini sering terjadi, biasanya para pengguna mengganggap baterai yang boros dikarenakan usia baterai yang sudah lama sehingga tidak layak pakai. Sebenarnya hal tersebut terjadi karena virus telah membuat banyak program tak berguna, jadi diperlukan konsumsi daya yang banyak sehingga daya baterai menjadi lebih boros.

Ketiga, Boros Pulsa (Kouta Data). Jika smartphone Android kalian sering muncul halaman iklan secara tiba – tiba itu disebabkan oleh virus. Cara kerja virus ialah dapat membuka halaman – halaman iklan yang tidak jelas, selain itu virus juga dapat menyerang email atau aplikasi pesan dan membagikan virus serupa ke beberapa kontak yang ada di smartphone. Hal tersebut secara otomatis akan menguras kouta data atau pulsa jadi mudah habis atau cepat berkurang.

Keempat, Android Bootloop. Hal satu ini terjadi bisa karena ulah pengguna sendiri, mungkin pengguna melakukan rooting atau mengotak – atik file sistem dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena ada virus yang telah menguasai sistem file Android, virus mencari celah agar bisa singgah di sistem Android dan mengacak – acak sistem tanpa kalian ketahui. Itulah yang menjadikan Android mengalami Bootloop, kalian harus lebih teliti lagi dalam menggunakan smartphone.

Kelima, Data Hilang Secara Tiba - Tiba. Beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami kehilangan data secara tiba – tiba padahal tidak kalian hapus, bisa coba scanning antivirus melalui komputer dan hasilnya bisa saja smartphone terjangkit virus. Cara kerja virus bisa saja menyembunyikan data file ke dalam folder yang tak bernama dan tidak bisa dibaca oleh sistem Android secara default, karena hal tersebut maka data file tiba – tiba sering hilang.

Beberapa cara mudah mengetahui smartphone Android terkena virus dapat kalian lakukan dengan lebih teliti lagi dalam menggunakan smartphone, jika kalian ingin menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama sebaiknya kalian jaga smartphone dari virus yang membandal. Selamat mencoba

25 Mei 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat