Cara Mudah Mengetahui Smartphone Android Terinfeksi Virus

Terinfeksi sebuah virus menjadi suatu kekhawatiran bagi para pengguna smartphone, khususnya pengguna smartphone berbasis Android. Salah satu virus yang saat ini sedang menjadi sorotan ialah Spyware.

Spyware adalah software berbahaya yang dapat bekerja melacak aktivitas pengguna komputer maupun smartphone. Spyware dapat mengirimkan informasi kepada orang lain yang tidak berhak mengetahuinya, bahkan dapat menambahkan fungsi kontrol jarak jauh (remote) pada spyware tersebut. Spyware dapat merekam kata-kata yang telah diketik dengan keyboard, mouse, halaman-halaman yang dikunjungi, serta program yang sedang dijalankan pengguna. Spyware dapat merusak keamanan Android sehingga dapat membuka rahasia yang kalian simpan. Berikut ini ada beberapa cara mudah mengetahui smartphone Android terinfeksi virus spyware atau tidak.

Butuh Waktu Mematikan Smartphone

Jika kalian membutuhkan waktu yang cukup lama saat mematikan (Turn Off) smartphone, bisa jadi smartphone terinfeksi spyware. Pada umumnya, spyware membutuhkan waktu untuk mengirimkan data yang terdapat pada smartphone pengguna, terutama saat smartphone dimatikan seusai mengirim pesan, baik berupa email maupun pesan singkat atau setelah melakukan aktivitas yang menggunakan koneksi internet, misalnya browsing atau membuka web.

Perubahan Pada Smartphone

Bila kalian merasakan ada perubahan secara tiba-tiba pada smartphone, seperti layar yang terkunci tiba-tiba terbuka atau tiba-tiba smartphone menjalankan browsing web tanpa dikendalikan, maka ada kemungkinan seseorang sedang memata-matai smartphone dengan spyware. Namun, perlu diperhatikan bahwa tanda tersebut terjadi secara tiba-tiba dan berulang pada waktu tertentu.

Perubahan Tingkat Volume Smartphone

Tanda lainnya ialah jika terjadi perubahan pada tingkat volume smartphone, misalnya saat ada panggilan masuk, tingkat volume tiba-tiba berubah menjadi lebih tinggi atau sebaliknya, padahal kalian tidak melakukan perubahan pada tingkat volume.

Menerima Pesan Singkat Yang Mencurigakan

Spyware dapat menginfeksi smartphone Android dengan melakukan proses pemasangan, dengan cara melakukan pesan singkat yang mencurigakan, seperti mengirim pesan tanpa nomor, pesan singkat yang menawarkan sebuah tautan (link) tertentu, dan lain sebagainya. Jika pesan tersebut masuk secara berulang-ulang, bisa dicurigai bahwa smartphone terinfeksi spyware.

Smartphone Mengalami Restart

Kalian harus waspada jika tiba-tiba smartphone restart atau mati mendadak tanpa alasan. Hal tersebut bisa menandakan bahwa smartphone terinfeksi spyware. Sebagian besar spyware memiliki bug tertentu yang kadang berdampak terjadinya restart pada smartphone atau bahkan bisa mati secara tiba-tiba.

Koneksi Internet Boros

Spyware dapat memata-matai smartphone dengan menggunakan internet guna untuk mengirimkan data. Bila kalian merasakan pemakaian internet menjadi lebih besar dan semakin boros, maka bisa saja smartphone terinfeksi spyware.

Cara mudah mengetahui smartphone Android terinfeksi virus spyware bisa kalian lakukan dengan cara tersebut. Jaga smartphone kalian agar tidak terinfeksi virus lainnya. Selamat mencoba

12 Januari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat