Cara Mudah Mengetahui Blog Disukai Oleh Pembaca

05/11/2016    Alfiana Irsyada Salma    1576     Website

Hai para blogger pastinya kalian sangat menginginkan pembaca menyukai postingan yang kalian buat, bukan? Karena hal tersebut bisa menjadi penyemangat kalian untuk terus berkembang merangkai kata – kata dan menyajikan informasi – informasi lainnya yang dapat menarik perhatian para pembaca. Namun, tidak semua blogger mengetahui apakah pembaca menyukai postingan kita atau tidak. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai ciri – ciri pembaca menyukai postingan yang kita buat. Kalian harus tahu cara mudah mengetahui blog disukai oleh pembaca.

  • Pertama, Return Visitor. Tanda pertama atau cara pertama yang perlu kalian ketahui ialah Return Visitor. Sebelum membahasnya kalian perlu mengetahui apa itu Return Visitor, nah Return Visitor merupakan pengunjung blog yang melakukan kunjungan kembali ke suatu blog yang kalian buat. Jadi maksudnya adalah setelah seseorang datang untuk pertama kali, kemudian ia kembali tertarik untuk datang kedua kalinya dan seterusnya berkali – kali. Cara untuk mengetahui visitor atau pengunjung datang lebih dari satu kali kalian cukup menginstall “Google Analytics” pada blog. Dari Google Analytics tersebut kalian akan dapat melihat indikasi Return Visitor pada bagian Audience Overview. Dari sana kalian bisa melihat berapa banyak pembaca yang berkali – kali mengunjungi blog yang kalian buat.
  • Kedua, Bounce Rate dan Avg. Session Duration. Selanjutnya, cara mudah mengetahui blog disukai oleh pembaca atau tidak dengan cara mengetahui Bounce Rate dan Avg Session Duration. Pertama, Bounce Rate adalah persentase banyaknya pengunjung yang hanya mengunjungi 1 halaman atau pages dari sebuah situs Anda dan setelah itu pergi meninggalkan blog Anda. Sedangkan, Avg. Session Duration adalah lamanya waktu yang dihabiskan oleh pengunjung dalam 1 sesi kunjungan (Biasanya dalam 1 sesi dihitung per-30 menit). Jadi, semakin rendah Bounce Rate suatu blog maka semakin baik pula nilai blog yang kalian miliki, begitu pun sebaliknya. Sedangkan untuk Avg. Session Duration berlaku sebuah ketentuan bahwa semakin lama waktu dari Avg. Session Duration blog maka artinya blog kalian bernilai baik, karena hal tersebut merupakan pertanda bahwa blog banyak disukai visitor atau pengunjung.
  • Ketiga, Komentar. Dengan adanya komentar kalian juga dapat menyimpulkan bahwa blog kalian disenangi pengunjung. Komentar dapat menjadi ukuran atau standar bahwa visitor telah membaca dengan tuntas dan merespon isi blog yang kalian buat, jadi artinya semakin mencerminkan bahwa blog tersebut disukai atau disenangi pengunjung. Namun, untuk yang satu ini kalian perlu memperhatikan bahwa komentar yang dihitung sebagai tanda disukai suatu blog adalah komentar yang benar – benar sebuah komentar dari isi blog atau artikel yang kalian buat, jika komentar berupa promosi atau spam atau yang lainnya itu hanya sekedar meninggalkan backlink untuk blognya sendiri.
  • Keempat, Share atau Backlink. Salah satu cara mengetahui blog kita disukai atau tidak bisa dengan cara mengecek adanya backlink blog kalian yang dilakukan oleh orang lain. Tidak hanya backlink saja, tetapi juga adanya sharing artikel atau tulisan yang ditulis oleh visitor. Ditambah jika ada visitor yang merekomendasikan blog kalian maka hal tersebut juga bisa menjadi sebuah tanda bahwa blog kalian disukai oleh pengunjung.
  • Kelima, Subscriber atau Followers. Cara terakhir ialah dengan memiliki banyak followers, jika banyak orang yang mengikuti blog kalian, jika kalian memiliki banyak jumlah Subscriber atau Followers maka kalian dinyatakan disukai banyak pengunjung. Subscriber adalah orang – orang yang mendaftarkan email mereka untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda, bisa juga diartikan sebagai pelanggan artikel – artikel di blog yang kalian posting atau bisa dibilang semacam pengikut atau Followers dalam media sosial, di dalam blog pengikut disebut sebagai Subscriber.

Hal kelima ini sangat penting untuk semua orang yang ingin blog populer. Jadi, kalian bisa mencoba membuat konten – konten yang bermanfaat hingga membuat pengunjung mendaftarkan diri mereka melalui email sebagai tanda menjadi Subcriber blog milik kalian. Bagaimana teman – teman cara mudah mengetahui blog disukai oleh pembaca bisa kalian terapkan dengan baik, bukan? Selamat mencoba.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More