Cara Mudah Mengcopy File Dengan Cepat Di Windows

03/08/2016    Alfiana Irsyada Salma    44667    Artikel Bebas

Biasanya ketika kita memindahkan data atau mengcopy file ada beberapa data yang tidak tercopy, padahal folder copy-an sudah terbentuk, hal tersebut membuat sebagian orang tidak menyadarinya. Jadi, harus teliti mengecek kembali mana file yang sudah tercopy dan mana saja yang belum tercopy. Untuk memudahkan pengguna dalam hal memindahkan data sebaiknya pengguna harus mengetahui cara mudah mengcopy file dengan cepat di Windows.

Pertama, Gunakan Shortcut Keyboard dan Mouse. Penggunaan shortcut akan memotong sejumlah besar waktu yang kalian butuhkan untuk menggeser pointer mouse, seperti menggunakan mouse kalian bisa lakukan dengan cara “klik kiri – klik kanan – pilih copy, kemudian pindah ke folder tujuan, kemudian klik kanan – pilih paste” hal tersebut lebih cepat dilakukan. Namun, jika kalian menggunakan cara shortcut akan lebih cepat lagi. Caranya, “Tekan CTRL + C: Mengcopy file atau sekumpulan file terseleksi atau CTRL + X: Cut file terpilih atau CTRL+V: Paste file tercopy atau ter-cut kedalam folder aktif”.

Ketika memilih file untuk dicopy atau di cut, kalian bisa menggabungkan penggunaan tombol keyboard dan klik mouse. Dengan cara “CTRL+Klik kiri: Memilih beberapa file dari file di dalam folder atau Shift+Klik kiri: Memilih beberapa file dari file terpilih sampai file yang ditunjuk oleh hover pointer mouse”.

Jika menggunakan tombol keyboard terlalu sulit dihafal, kalian juga bisa menggunakan fitur drag – and – drop. Dengan cara, “Klik kiri pada suatu atau sekelompok file terseleksi, seret ke folder tujuan, lepas tombol kiri mouse, maka file akan berpindah tempat”. Selain itu, bisa menggunakan cara “Klik kanan pada satu atau sekelompok file terseleksi, seret ke lokasi baru, lepaskan tombol kanan mouse, dan akan muncul menu untuk mengcopy atau menindahkan file tadi”.

Kedua, Install TeraCopy. Untuk memindahkan file dengan mudah kalian bisa menginstall TeraCopy, yakni sebuah algoritma untuk mempercepat pengcopyan atau pemindahan file, proses copy bisa di pause dan resume, memberi penanganan yang lebih baik jika terjadi file error copy, selain itu TeraCopy bisa diatur agar otomatis terintegrasi dengan Windows Explorer. TeraCopy akan langsung bisa menggantikan Windows Explorer ketika sudah mendeteksi bahwa anda melakukan pemindahan file. Jika kalian tidak ingin maka bisa menonaktifkan dengan mudah. Cara mengaktifkan TeraCopy, klik tombol menu – pilih Preferences – centang pada kotak Use TeraCopy as default file handler. Bisa digunakan secara offline.

Ketiga, Gunakan Robocopy Command Dalam Batch Script. Sejak hadirnya Windows Vista, Microsoft menyertakan sebuah tool yang berjalan di command prompt, yakni “Robocopy” atau “Robust File Copy”. Tool ini berfungsi untuk dapat mengcopy file lebih cepat dari pada versi yang berjalan dalam Windows 7. Jika kalian hanya ingin memindahkan atau mengcopy file biasa, mungkin tool ini tidak diperlukan, tetapi perintah ini sangat fleksibel. Selain itu, kalian juga bisa menjalankan batch file dalam jeda waktu tertentu secara berkala, sehingga bisa menjadi solusi mudah untuk melakukan backup otomatis.

Jadi, sekarang kalian bisa memilih ingin menggunakan cara mudah mengcopy file dengan cepat di Windows dengan cara pertama, kedua, atau ketiga, atau kalian masih punya cara lainnya yang lebih cepat? Selamat mencoba

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow