Cara Mudah Mengatasi Susah Masuk Google Play Store

Google Play Store merupakan layanan konten digital milik Google yang melingkup toko online untuk produk-produk seperti musik, lagu, aplikasi, permainan, pemutar media, buku yang berbasis cloud. Pasti kalian pernah mengalami susah masuk Google Play Store.

Ketika terjadi error pada Google Play Store pasti kalian akan menemukan tulisan Connection Time Out, No Connection (tidak ada koneksi), atau Check Your Connection, dan lain sebagainya. Padahal kalian tahu bahwa koneksi smartphone tidak bermasalah. Maka dari itu, kalian harus memperbaiki masalah tersebut. Berikut ini cara mudah mengatasi susah masuk Google Play Store.

Pertama, Connect Melalui WiFi atau Restart smartphone. Jika kalian bermasalah dalam koneksi, kalian bisa buka Google Play Store melalui koneksi WiFi, jika kalian bisa masuk ke Playstore maka sumber masalahnya ada pada operator seluler atau kalian bisa restart smartphone kalian karena biasanya masalah pada aplikasi di Android dapat diperbaiki dengan cara melakukan restart smartphone.

Kedua, Perbaiki Jam dan Tanggal. Jika smartphone tidak sesuai jam dan tanggalnya maka akan membuat server playstore menolak untuk terhubung dengan device Android. Oleh karena itu, sebaiknya kalian pastikan jam, tanggal, dan time zone pada smartphone sudah benar sesuai dengan lokasi tempat kalian tinggal. Dengan cara, ke menu Setting – System – Date and Time atau Setelan – Aplikasi – Sistem – Tanggal dan Waktu, kemudian ubah secara manual atau bisa menggunakan pengaturan otomatis yang diberikan oleh pihak operator seluler.

Ketiga, Hapus Data Aplikasi Google Play. Memperbaiki Google Play Store bisa juga dengan cara menghapus cache, data, atau meng-uninstall update yang ada di aplikasi Google Play. Dengan cara, ke menu Setting – Apps – All, cari dari daftar yang tampil nama Google Play Store dan Google Play Store Services. Nantinya akan ada tampilan, Delete Cache, Delete Data untuk menghapus kedua aplikasi tersebut. Kemudian buka kembali Google Play Store, maka kalian akan diminta untuk memasukkan atau memilih akun yang digunakan untuk masuk atau login ke Play Store.

Kelima, Edit Host File. Fungsi edit host file untuk memperbaiki error tidak bisa masuk Google Play Store. Di beberapa tipe smartphone Android atau Tablet maupun Custom ROM tertanam setting tambahan yang menentukan alamat IP Address dari Google Play yang dapat membuat masalah tidak bisa masuk ke Play Store. Cara memperbaikinya smartphone Android harus sudah di Root. Hal tersebut wajib dilakukan karena akan meng-update host file Android yang lokasinya berada di file system. Gunakan aplikasi file explorer seperti ES File Explorer, Rootexplorer, dan lain sebagainya. Setelah itu, masuk ke folder – system, buka file host, lalu hapus baris yang mengarahkan ke server Google.

Cara – cara tersebut memudahkan kalian agar dapat segera masuk ke Play Store, cara mudah mengatasi susah masuk Google Play Store dapat dengan mudah kalian lakukan. Selamat mencoba

24 Februari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat