Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer Dan Laptop

03/03/2016    Alfiana Irsyada Salma    1311     Artikel Bebas

Halo teman-teman pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kinerja Komputer atau Laptop milikmu terkadang lambat, apalagi sampai menguji kesabaran saat kamu sedang mengerjakan tugas kuliah, tugas sekolah maupun tugas kantor. Nah, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya mempercepat kinerja komputer dan laptop.

Beberapa orang mungkin kesal karena komputernya lelet [lambat] sehingga kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk mengerjakannya di Warnet. Sebenarnya, Komputer maupun Laptop yang lambat bisa diatasi. Berikut ini saya beritahu cara mengatasi komputer maupun laptop agar tidak lambat.

Pertama, Perbesar Kapasitas RAM dan Harddisk.

Proses multitasking yang terlalu berat dapat menyebabkan kinerja komputer maupun laptop menjadi lambat. Nah, dengan menambahkan kapasitas RAM menjadi lebih besar merupakan salah satu cara yang terbaik untuk dapat mempercepat kinerja komputer.

Kamu juga harus perhatikan kapasitas harddisk. Jika kapasitas harddisk sudah hampir penuh tidak heran bila komputer kamu akan melambat. Disarankan sebaiknya kamu memperbesar kapasitas harddisk. Kamu bisa membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer atau laptop.

Kedua, Uninstall Program yang Tidak Penting.

Nah, kali ini kamu harus bisa pilih-pilih program mana yang penting dan mana yang harus dibuang. Untuk apa kamu menginstal program yang tidak digunakan. Kamu bisa melakukan Uninstall program dengan cara, Pilih Start – Control Panel – Uninstall a Program kemudian kamu bisa pilih program apa saja yang tidak penting atau tidak digunakan.

Ketiga, Jangan Lupa Menginstal Antivirus

Pastikan komputer atau laptop milikmu sudah terinstal antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus yang termasuk di dalamnya malware dan spyware dapat menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat dan dapat merusak data atau file. Selain itu, kamu juga harus menginstal antivirus yang tepat.

Keempat, Hapus File-File Sementara [Sampah] Pada Recycle Bin.

File sementara [sampah] dapat memperlambat kinerja suatu komputer maupun laptop, alangkah baiknya jika kamu menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika benar-benar tidak dibutuhkan kamu bisa menghapus file tersebut dengan cara klik kanan pada icon Recycle Bin kemudia pilih Empty Recycle Bin.

Kelima, Minimalkan Program yang Berjalan Pada Startup.

Banyaknya program yang berjalan pada Startup menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan kinerja komputer melambat. Nah, kamu bisa menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di Startup dengan cara tekan tombol Win+R – ketik msconfig – pilih tab Startup – uncheck program yang ingin dinonaktifkan.

Keenam, Gunakan Disk Cleanup.

Tool ini berguna untuk menghapus file-file sementara pada setiap drive. Untuk menggunakan tool ini kamu bisa klik kanan drive yang ingin dibersihkan – pilih Properties – Pilih Disk Cleanup.

Ketujuh, Gunakan Disk Defragmenter.

Fragmentasi pada data membuat drive kamu bisa bekerja lebih keras, sehingga membuat performa komputer turun. Nah, sebaiknya kamu menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Caranya kamu bisa klik kanan pada drive yang ingin didefrag – pilih Properties – pilih Defragment Now pada tab Tools.

Kedelapan, Hapus Gadget yang Tidak Penting.

Gadget-gadget yang terpasang pada desktop menjadi salah satu yang mempengaruhi kinerja suatu komputer. Jadi, kamu bisa menghapus gadget yang benar-benar menurut kamu tidak penting. Namun, bila spesifikasi komputer maupun laptop kamu tinggi mungkin memasang gadget seperti itu tidak akan terasa efeknya pada komputer.

Sebenarnya masih banyak yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat kinerja komputer maupun laptop. Hal-hal diatas sudah lebih dari cukup untuk mempercepat kinerja komputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More