Cara Mudah Mempercepat Kapasitas Penyimpanan Internal Pada Smartphone

16/12/2015    Alfiana Irsyada Salma    1332     Artikel Bebas

Sekarang ini banyak sekali pengguna smartphone mengeluhkan masalah kapasitas penyimpanan internal yang mudah lambat. Bagaimanakah cara mempercepatnya? Keterbatasan memori internal sering dikeluhkan para pengguna smartphone yang tidak mendukung slot memori eksternal. Sebenarnya masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara yang sederhana.

Berikut ini beberapa cara mudah mempercepat kapasitas penyimpanan internal pada smartphone. Dengan mengikuti langkah-langkah ini kalian akan bisa mempercepat kapasitas penyimpanan internal.

1. Bersihkan Aplikasi Yang Tidak Penting

Aplikasi merupakan salah satu penyebab utama memori internal penuh. Selain untuk penyimpanan sistem aplikasi, kemungkinan besar aplikasi juga digunakan untuk menyimpan file yang lainnya, seperti history dan file-file lainnya. Cara mengatasi hal tersebut, pengguna smartphone harus bisa memilih aplikasi yang penting dan yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga kapasitas penyimpanan internal bisa lebih tepat dalam penggunaannya.

Aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya kalian hapus. Kalian bisa melihat aplikasi yang tidak digunakan di menu pengaturan, disana akan ada beberapa pilihan aplikasi yang tidak diperlukan, dari situlah kalian bisa hapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan.

Contohnya, pada perangkat berbasis Android. Kalian bisa masuk ke menu pengaturan – menu aplikasi – pilih menu Tab Aplikasi Manajer. Pada menu Aplikasi Manajer pengguna Android bisa uninstall aplikasi yang terinstall sebelumnya, yang tidak diperlukan.

2. Mengatur Foto Dan Mengatur Video

Smartphone sekarang ini memiliki resolusi gambar yang sangat besar karena kualitas lensa kamera yang memiliki resolusi tinggi. Jadi, dipastikan file foto maupun video akan memiliki kapasitas file yang cukup besar. Sebaiknya, kalian hindari pemakaian yang tidak penting seperti memotret sesuatu yang tidak penting, karena akan berdampak pada penyimpanan internal smartphone.

Untuk menambah kapasitas penyimpanan internal sebaiknya hapus beberapa file multimedia yang tidak penting, pengguna bisa memindahkan file tersebut ke laptop atau ke perangkat lain. Bisa juga kalian memanfaatkan aplikasi sistem penyimpanan cloud yang kini menjadi solusi paling tepat. Seperti aplikasi Dropbox, Picasa, Google Drive, dan lain sebagainya.

3. Saat Streaming Musik Dan Streaming Film

Smartphone saat ini bisa digunakan untuk multimedia yang berkualitas, hal tersebut kemungkinan bisa menjadi penyebab berkurangnya kapasitas penyimpanan internal smartphone dan memperlambat kinerja smartphone. Salah satu alasan lambatnya kinerja kapasitas penyimpanan internal ialah sering streaming musik atau streaming film.

Seperti halnya sistem penyimpanan cloud, pengguna juga bisa memanfaatkan salah satu aplikasi pemutar musik dan video dengan menggunakan sistem yang hampir sama, yakni menggunakan Google Play Music. Dengan menggunakan Google Play Music akan mengurangi kapasitas memori internal, sehingga kinerja penyimpanan internal bisa bekerja dengan cepat.

Kalian bisa mengikuti langkah-langkah cara mudah mempercepat kapasitas penyimpanan internal pada smartphone. Selamat mencoba

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More